Metropolis

Jalan Provinsi dan Nasional Dominasi Titik Rawan Arus Mudik di Siak

SIAK, RIAULINK.COM - Sejumlah titik rawan kecelakaan dan jalan rusak di jalur mudik Lebaran 2019 Kabupaten Siak, Riau, sudah dipetakan. Jalur ini diawasi 430 personil yang tergabung dalam Operasi Ketupat 2019.

Kepadatan kendaraan pada H-5 Lebaran 2019 mulai terpantau di jalan lintas Kandis -Minas sejak pada Jumat (31/5/2019), dan diprediksi arus mudik semakin padat hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Satlantas Polres Siak mulai mengantisipasi titik-titik rawan kecelakaan lalu lintas melalui Pos Pengamanan dan Pelayanan Mudik. Juga diminta kepada pengendara agar berhati-hati. 

Kasat Lantas Polres Siak, AKP Birgitta Atvina, SH SIK., menyampaikan, titik rawan kecelakaan di Kabupaten Siak lebih banyak berada di jalan nasional dan jalan provinsi. Sebab, pada ruas jalan Pemda sudah diperbaiki sebelum jadwal arus mudik.

"Untuk itu, jalan nasional Lintas Pekanbaru menuju Duri, tepatnya di KM 46 Minas termasuk titik rawan," kata dia.

Selain itu, titik rawan berada di jalan baru Simpang Bakal atau biasa disebut Simoang Gondrong Kampung Tualang Timur, Kecamatan Tualang dan Simpang Bakal-KM 11 Koto Gasib.

Ruas jalan provinsi ini berlubang - lubang. "Kecelakaan di sini sering terjadi karena pengendara tidak melihat ada lubang saat memacu kendaraannya," kata dia.

Selain itu, jalan lintas Pekanbaru-Duri KM 39 Minas, Kabupaten Siak juga termasuk rawan. Kemudian jalan Lintas Siak - Pakning di Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak juga rawan kecelakaan.

Sementara jalan yang masih sedang diperbaiki ada 2 titik. Pertama, jalan Lintas Maredan, kecamatan Tualang dengan jarak perbaikan kurang lebih 20 Km. Kedua, jalan Lintas Siak-Buton dengan jarak perbaikan kurang lebih 30 Km.

"Kedua jalan itu sudah bisa dilalui kendaraan bermotor. Perbaikannya sekitar 20 Km dan 30 Km tersebut namun terputus-putus," kata dia.

Dirinya meminta kepada pemudik agar selalu berhati-hati selama berkendara dalam arus mudik.

"Bila mengantuk, pemudik bisa berhenti di Pos Pelayanan (Posyan) yang berada di depan Istana Siak dan Pelabuhan Buton dan Pos Pengamanan (Pos Pam) berada di Km 40 Minas," pungkasnya. (Rizal Iqbal)