Riau

Optimalisasi Cooling System, Melalui Sinergitas TNI-Polri Sambut Pilkada Serentak 2024

PELALAWAN, RIAULINK.COM - Kepolisian Sektor Ukui bersinergi dengan TNI (Babinsa) Untuk mengoptimalkan upaya cooling system atau melakukan pendinginan suhu politik jelang Pilkada Serentak 2024. Pasalnya, Kabupaten pelalawan memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi dibandingkan pada saat pilpres kemarin.

Pelaksanaan Cooling System kali ini digelar di kelurahan ukui di kedai sarapan pagi Daben dengan melibatkan unsur TNI (Babinsa) dan juga tokoh masyarakat. Senin 02 September 2024.

Adapun Pilkada 2024 di kabupaten Pelalawan akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang, dan berdasarkan data resmi KPU Kabupaten Pelalawan bahwa calon yang sudah mendaftar dan ditetapkan adalah sebanyak 2 pasang.

Potensi politik panas juga mencuat dikalangan masyarakat, dengan Adanya dua calon Kepala Daerah atau Bupati Pelalawan yang merupakan Bupati dan Wakil Bupati Aktif hingga saat ini, ditambah dengan calon wakil Bupati masing-masing merupakan saudara.

Polres Pelalawan melalui Polsek Ukui yang dipimpin oleh Ukui AKP Rudi Hardiyono, SH mengatakan pihaknya akan selalu siap menjaga situasi Kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkada 2024 di kabupaten Pelalawan Khususnya di kecamatan Ukui.
"Sesuai tupoksinya, polri akan senantiasa menjaga Harkamtibmas tetap kondusif dalam kondisi apapun, dan saat ini tahapan pilkada 2024 di kecamatan Ukui sudah sampai pada pendaftaran, berbagai upaya telah kami lakukan dalam mendinginkan suhu politik di kecamatan Ukui". Ungkap Kapolsek

Mengacu kesuksesan pada saat pilpres kemarin, kita akan selalu optimis dan percaya bahwa masyarakat sudah sangat cerdas dalam menyikapi pilkada ini, namun kami tidak boleh underestimate dalam situasi ini untuk itu upaya cooling system (pendinginan suhu politik) tetap kami lakukan jelang pelaksanaan pilkada nanti. Imbuh Kapolsek.

Dilirik pada jumlah DPT dan peta wilayah bahwa kecamatan Ukui termasuk kedalam 5 besar jumlah DPT terbanyak dan wilayah terluas di kabupaten Pelalawan, hal ini menjadikan tantangan tersendiri untuk Polsek Ukui dalam menjaga wilayahnya dari suhu panas politik.

Untuk itu meningkatkan Sinergitas TNI-Polri dalam pilkada 2024 ini sangatlah tepat, mengingat waktu pelaksanaan pilkada hanya tinggal beberapa bulan saja.

Dalam kegiatan cooling system terdapat beberapa hal diantaranya yang disampaikan adalah, Agar masyarakat menolak berita hoax dan tidak terpangaruh dengan isu - isu yang dapat memecah belah persatuan, edukasi serta sosialisasi pilkada damai kepada masyarakat secara langsung.

Edukasi dan sosialisasi petugas TNI-Polri dengan menggandeng tokoh masyarakat dinilai efektif dalam mempersempit ruang provokator ataupun gesekan perbedaan pandangan politik, dimana petugas akan menyampaikan keutuhan NKRI merupakan hal yang sangat penting, adanya perbedaan pangan politik adalah hal yang lumrah, namun diatas perbedaan tersebut jangan sampai membuat perpecahan diantara kita. 

AKP RUDI mengatakan Kegiatan Patroli Sinergitas TNI-Polri dalam Cooling System ini juga dilaksanakan sebagai salah satu bentuk keseriusan Polri untuk melibatkan TNI dalam segala bentuk kegiatan, memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat untuk menciptakan Situasi Kamtibmas yang aman, damai, serta kondusif.

Harapannya dengan upaya cooling system pilkada 2024 ini dapat mendinginkan situasi politik Dikecamatan Ukui sekaligus mendukung kesuksesan pilkada 2024 di kabupaten Pelalawan.