Riau

Kapolsek Ukui Cooling System Dorong Peran Tokoh Masyarakat Bersama Sukseskan Pilkada Kabupaten Pelalawan 2024

PELALAWAN, RIAULINK.COM - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) merupakan momen penting bagi kemajuan daerah yang kesuksesannya bergantung pada partisipasi masyarakat. Hal tersebut diutarakan oleh Kapolsek Ukui AKP Rudi Hardiyono, SH dalam kegiatan cooling system Pilkada bersama tokoh adat dan masyarakat  yang berlangsung di kedai buk Yani pasar Ukui kelurahan Ukui, Sabtu 31 Agustus 2024.

Menurut Kapolsek, kesuksesan Pilkada di Kabupaten Pelalawan sangat tergantung dari partisipasi masyarakat. Karena partisipasi yang tinggi mencerminkan kepercayaan dan legitimasi publik terhadap proses demokrasi. Saat masyarakat aktif berpartisipasi, baik dalam memilih maupun dalam mengawasi jalannya pemilihan maka hasil yang diperoleh lebih mencerminkan kehendak kolektif rakyat.

“Partisipasi yang luas juga mengurangi risiko kecurangan dan manipulasi lantaran adanya banyak mata yang mengawasi dan berkontribusi dalam proses. Dengan demikian, pilkada yang melibatkan banyak masyarakat akan menghasilkan pemimpin yang lebih akuntabel dan sesuai dengan harapan warga sehingga mampu mendorong kemajuan daerah secara efektif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolsek menguraikan pentingnya partsipasi masyarakat dalam pilkada karena partisipasi masyarakat dalam Pilkada berarti memberi mandat kuat dalam pemerintahan lokal, meningkatkan legitimasi dan mendukung kebijakan yang diambil. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam Pilkada memastikan terdapat keterwakilan yang adil dan beragam, serta semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat membuat peluang kecurangan dapat ditekan sehingga terwujud Pilkada yang berintegritas.

Adapun peran kelompok masyarakat dalam Pilkada dapat berupa kegiatan edukasi dan sosialisasi  dengan memberikan pemahaman yang diperlukan kepada warga mengenai calon kepala daerah, program kerjanya, dan proses pemilihan.

“Yang tidak kalah penting adalah kelompok masyarakat diharapkan turut menciptakan suasana Pilkada yang sehat dan damai, menghindari provokasi, menghormati perbedaan, serta bersatu demi membangun daerah yang lebih baik terlepas dari siapapun pemimpin yang terpilih,” tutup Kapolsek.***(ang)