Nasional

Baru! Google Punya Fitur Pemberitahuan Data Pribadi Bocor

Foto: Infografis/Jangan Sebar 11 Data Pribadi Ini di Medsos Atau Dirampok!/Arie Pratama

RIAULINK.COM - Google saat ini memiliki fitur yang dapat memberi peringatan jika ada kebocoran data. Google akan mengirimkan pemberitahuan ketika menemukan alamat, nomor telepon, atau email Anda di website.

"Sekarang dapat memberi tahu Anda ketika info kontak pribadi Anda muncul online / Anda dapat menerima pemberitahuan ketika alamat, nomor telepon, atau email Anda muncul di hasil pencariannya," dikutip Minggu (6/8).

Bahkan, Google juga dapat menghapus informasi kontak dari hasil pencariannya. "Memungkinkan Anda meninjau dan meminta penghapusan informasi tersebut dari Penelusuran," tulisnya.

Kini, kebocoran data dapat diminimaisir dengan fitur yang dirilis sejak September 2022 lalu. Dengan pembaruan, masyarakat dapat menemukan informasi tentang diri di Google tanpa harus bersusah payah.

"Setelah Anda memasukkan informasi pribadi Anda, dasbor akan secara otomatis menarik situs web yang berisi kecocokan apa pun, memungkinkan Anda meninjau setiap halaman web yang muncul dan kemudian mengirimkan permintaan untuk menghapusnya," sebutnya.

Selain itu, kini para pengguna tak perlu cemas tentang masa depan dari dampak buruk internet terhadap kebocoran data di masa depan.

"Anda juga dapat melacak permintaan Anda dari hub Google, yang menunjukkan permintaan Anda yang sedang berlangsung, disetujui, ditolak, dan dibatalkan," tambahnya.

Penting untuk dicatat, bahwa mengambil informasi Anda dari Google tidak berarti hal itu telah sepenuhnya terhapus dari web. Orang-orang masih dapat menemukan informasi Anda jika mereka menemukan halaman web tempat informasi itu berada.

Selain itu, Google juga memiliki beberapa batasan pada jenis hasil penelusuran yang dapat dan tidak dapat dihapus serta tidak akan mengambil tindakan atas hasil dari pemerintah atau lembaga pendidikan.

Saat ini, fitur ini diluncurkan dan dimulai di AS dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, Google akan segera menyediakan negara lain dan bahasa negera tersebut.