Metropolis

Ratusan Panitia Pilkades Serentak di Inhil Dapat 'Tunjuk Ajar'

INHIL, RIAULINK.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Inhil Tahun 2019, di salah satu hotel di Tembilahan, Senin (29/7/2019).

Maksud diselenggarakannya bimtek ini untuk memberi pengetahuan dan pedoman dalam hal pelaksanaan pilkades serentak.

Tujuannya agar peserta memahami tugas dan kewajibannya dalam hal pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019 dan meminimalisir kemungkinan munculnya masalah dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), H Yulizal menyebutkan ada 6 materi yang disampaikan oleh narasumber dalam bimtek ini.

"Materi pada bimtek ini meliputi kebijakan pilkada serentak tahun 2019, dasar kedudukan dan hubungannya pilkades serentak Kabupaten Inhil tahun 2019, pengawasan pilkades serentak tahun 2019, penyusunan data pemilih dan penetapan TPS, pedoman pelaksanaan pilkades serentak, dan tahapan pelaksanaan puskesmas serentak," urai Yulizal.

Dikatakan Yulizal metode yang digunakan dalam penyampaian materi ialah ceramah dan tanya jawab. Peserta merupakan panitia pilkades serentak kecamatan dan desa dengan jumlah 143 orang, dibagi menjadi dua angkatan.

"Narasumber dari Kepala Dinas PMD, Kepala Disdukpencapil, Kepala Badan Kesbangpol, Kabag Hukum Setda Inhil, Ketua KPU, dan Kabid Pemdes," tuturnya.

Sementara itu, Bupati mengungkapkan pilkades serentak tahun 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober mendatang.

"Bimtek yang dilakukan pada hari ini sebagai pelaksana dari amanat Peraturan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Nomor 7 Tahun 2016 dalam Pasal 9, disebutkan bahwa panitia pemilihan kabupaten mempunyai tugas melakukan bimbingan teknis pelaksanaan pemilihan terhadap panitia pemilihan," terang Bupati.

Melalui bimtek ini, Orang Nomor Satu di Negeri Seribu Parit inu berharap agar panitia pelaksana pilkades serentak dapat memantapkan diri dalam bertugas nanti.

"Saya juga berharap kepada para peserta bimtek untuk mengikuti kegiatan dengan serius dan sebaik-baiknya. Jika ada yng tidak dipahami ditanyakan kepada narasumber," pungkasnya. (ray)