Metropolis

Rohil Terima Alat Penunjang Kualitas Jaringan E-KTP

ROKANHILIR, RIAULINK.COM - Kabupaten Rokan Hilir yang memiliki wilayah yang luas serta memiliki jumlah Penduduk 627.190 jiwa yang terdiri dari 324.253 Laki-laki serta 302.937 Perempuan, dengan wilayah yang begitu luas membuat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) harus bekerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kependusukan dan Catatan Sipil Rohil, H Basarudin, SH Rabu (17/7/2019) kepada Riaulink.com di ruangan kerjanya.

"Kabupaten Rohil dibawah pimpinan Bupati H Suyatno AMP, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setiap tahunnya selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik serta memberikan kemudahan dalam setiap pengurusan yang berkaitan dengan Disdukcapil," kata Basaruddin.

Dalam memberikan pelayanan terbaik tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) saat ini telah menerima alat penunjang untuk meningkatkan kualitas jaringan cetak e-KTP di lapangan.

Basaruddin menyebutkan, pihaknya melakukan uji coba alat yang dikirim oleh Dirjen Dukcapil RI yang disebut M two M. Dengan alat tersebut, petugas melakukan uji coba merekam dan langsung cetak E-KTP masyarakat di Kecamatan Pujud.

"Pertama kita ragu, maka dilakukan uji coba peralatan M two M bantuan dari Dukcapil Pusat ini. Alhamdulillah berhasil, perekaman langsung bisa cetak per tujuh menit di Kecamatan Pujud," katanya.

Dalam uji coba di Pujud tersebut lanjutnya, pihaknya menyediakan 250 keping blanko, sepanjang uji coba habis terpakai sekitar 200 keping. "Uji coba dilakukan mulai pukul 15:00 WIB sampai pukul 10.00 malam, pasalnya antusias masyarakat sangat tinggi melihat adanya perekaman yang bisa langsung cetak tersebut," jelasnya.

Berdasarkan uji coba ini tambahnya lagi, ke depan Disdukcapil akan mengemas jadwal dan segala perlengkapan alat, mulai dari tinta, dan blanko terutama tenaga teknis untuk melakukan perekaman langsung cetak di sejumlah daerah.

"Selagi di lokasi jaringannya bagus, maka semua bisa berjalan lancar. Insya Allah ini jadi sebuah inovasi agar perekaman lebih maksimal," sebutnya.(dgt)