Metropolis

Membanggakan, 10 Desa Mandiri dan 2 BUMDes di Inhu Terima Penghargaan dari Menteri Desa PDTT RI

Keterangan Foto: Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi, SE dan Kepala Dinas PMD Inhu, Roma Doris, M.Eng saat mendampingi perwakilan desa penerimaan lencana penghargaan.

INHU, RIAULINK.COM - Komitmen Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu dalam mengentaskan desa tertinggal menuju desa mandiri, cukup membuahkan hasil dan layak mendapat apresiasi.

Hal itu dibuktikan, dari 178 desa yang ada di Inhu, 10 diantaranya dinyatakan berstatus sebagai desa mandiri, dan mendapatkan lencana penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia.

"Benar, ada 10 desa yang dinyatakan sudah mandiri. Dan keberhasilan ini, tentu tidak terlepas dari peran pemerintah daerah, dalam hal ini Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi yang memiliki komitmen dalam mewujudkan masyarakat yang maju dan mandiri dimulai dari tingkat desa."

Demikian diungkapkan Kepala Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Inhu, Roma Doris, kepada RiauLink.com, Kamis (1/12/2022) malam via selulernya.

Disebutkan Roma, 10 desa yang dinyatakan sebagai desa mandiri pada tahun 2022 ini yaitu, Desa Petala Bumi, Desa Seresam, dan Desa Titian Resak, Kecamatan Seberida.

Selanjutnya, Desa Pasir Kemilu, Kecamatan Rengat, Desa Tanah Datas dan Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Desa Air Putih, Desa Kulim Jaya dan Desa Tasik Juang, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, serta Desa Perkebunan Sungai Lala, Kecamatan Sungai Lala.

"Pemberian lencana penghargaan dari Menteri Desa PDTT itu, tertuang dalam putusan Nomor: 105 Tahun 2022 tentang pemberian penghargaan desa dengan status mandiri. Kepala Desa Pasir Kemilu, Ronny ST, menjadi perwakilan penerimaan lencana penghargaan tersebut," tutur Roma.

Selain itu lanjutnya, untuk kategori desa mandiri dalam lomba penilaian status perkembangan kemajuan dan kemandirian desa se Provinsi Riau tahun 2022, Desa Petala Bumi keluar sebagai pemenang III.

"Dan untuk lomba BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), dua desa kita yaitu, BUMDes Usaha Mulya Desa Talang Mulia, dan BUMDes Berkah Bersama Desa Seresam, keluar sebagai pemenang dan menerima penghargaan BUMDes Award Roau 2022," jelasnya.

Masih kata mantan Camat Seberida itu, semua penghargaan tersebut diterima masing-masing desa, pada acara Raker (rapat jerja) desa se Provinsi Riau bersama gubernur dan bupati se Provinsi Riau.

Acara tersebut juga dihadiri langsung Wakil Menteri Desa PDTT, Budi Arie Setiadi, dan Dirjen Bina Desa Kemendagri, Eko Prasetyanyo Purnomo. Bertempat di CoEx Mall SKA Pekanbaru, Kamis (1/12/2022).

Atas pencapaian tersebut sambung Roma, Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi, mengucapkan selamat dan apresiasi kepada desa mandiri yang hari ini menerima penghargaan.

Kepada seluruh desa di Inhu, bupati berpesan agar menjadikan momentum ini sebagai motivasi untuk bisa menuju desa mandiri. Dan dirinya juga meminta, kepada sluruh OPD terkait dapat bersinergi bersama desa untuk mewujudkan seluruh desa di Inhu berstatus mandiri, tandas Roma Doris. (*)