Politik

Ketua IKM Pelalawan Bantah Gabung PPP, Ini Penjelasannya

Keterangan Foto : Rapat Pengurus IKM Pelalawan

PELALAWAN, RIAULINK.COM - Beberapa waktu yang lalu, di salah satu media online diberitakan ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Pelalawan, Rezinel menyatakan diri bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan mendeklarasikan diri maju sebagai Bacaleg di partai tersebut untuk DPRD Provinsi Riau Dapil Pelalawan-Siak.

Pernyataan tersebut tentu berpengaruh terhadap organisasi yang ia pimpin karena pernyataan tersebut dikeluarkan tanpa terlebih dahulu berkoordinasi dan bermusyawarah dengan pengurus IKM Pelalawan.

Menindak lanjuti hal tersebut beberapa orang pengurus IKM Pelalawan menggelar rapat sekaligus meminta penjelasan dan klarifikasi dari ketua IKM terkait pernyataannya di media yang sempat membuat heboh pengurus dan warga IKM Pelalawan.

Rapat yang digelar di sekretariat IKM Pelalawan pada, Selasa malam (02/07/2022) dihadiri oleh beberapa orang pengurus, penasehat serta pembina IKM Pelalawan. 

Dalam keterangannya, ketua IKM Pelalawan Rezinel mengatakan bahwa kedatangannya bersama Sekretaris serta Humas IKM Pelalawan ke kantor DPC PPP Pelalawan dalam rangka silaturahmi dan membantah kalau dirinya menyatakan diri bergabung serta mencalonkan diri sebagai Bacaleg dari PPP untuk DPRD Dapil Siak Pelalawan.

"Jadi perlu saya jelaskan sekaligus mengklarifikasi, bahwa berita yang telah beredar itu bukan seperti yang diberitakan, karena saya tidak pernah menyatakan atau mengeluarkan statement melalui media", tegasnya.

Dituturkan Rezinel, awalnya ada beberapa orang pengurus DPC PPP Pelalawan datang menemui dan mengundang kami untuk datang ke DPC PPP Pelalawan dalam rangka silaturahmi. Sesampainya disana, beberapa orang pengurus DPC PPP mengajak untuk bergabung dengan PPP dan menjanjikan satu slot untuk dirinya maju menjadi Calon Legislatif (Caleg) untuk kursi DPRD Provinsi Riau Dapil Pelalawan-Siak.

Saat itu rezinel belum memberikan jawaban karena menurutnya itu perlu dipikirkan dan dimusyawarahkan di internal IKM Pelalawan dulu. Namun ketika selesai pembicaraan, beberapa pengurus memintanya untuk berfoto bersama sembari menyodorkan baju partai untuk dikenakannya.

"Untuk menghargai tuan rumah tentu kita pakai baju itu. Saya tak pernah berpikir bahwa itu akan menjadi konsumsi berita yang membuat heboh, khususnya warga minang di Pelalawan", ujarnya dengan mimik kecewa.

Namun atas tawaran yang telah disampaikan pengurus DPC PPP, Rezinel sangat berterimakasih karena telah memberi ruang bagi warga minang untuk maju sebagai Caleg di DPRD Provinsi.

"Jadi saya sebagai pribadi dan ketua IKM Pelalawan memohon maaf kepada seluruh warga minang khususnya pengurus IKM atas kejadian ini", pinta Rezinel.

Atas kejadian ini dirinya akan menjadikan ini sebagai sebuah pembelajaran politik bagi dirinya yang merasa belum memahami dunia politik.

"Saya berharap atas kejadian ini tidak membuat IKM Pelalawan terpecah tapi semakin maju sebagaimana motto "BASAMO MANGKO MANJADI", tandas Rezinel penuh harap.