Politik

SAH..! 40 Anggota DPRD Inhu Dilantik dan Disumpah sebagai Wakil Rakyat

RENGAT, RIAULINK.COM - Sah, sebanyak 40 anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, resmi dilantik dan diambil sumpah sebagai wakil rakyat Inhu, periode 2024-2029.

Bertempat di Aula Tepak Sirih, Poltekes Kemenkes Riau, prosesi sakral tersebut dipimpin langsung Ketua Pengadilan Negeri Rengat, Lia Herawati, Senin (9/9/2024).

Acara berlangsung khidmat dan dihadiri langsung, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dan Wakil Bupati Inhu, H Junaidi Rachmat. Sidang paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Inhu Periode 2019-2024, Elda Suhanura didampingi Wakil Ketua, Masrullah.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut, Kapolres Inhu, AKBP Fahrian Saleh Siregar, Dandim 0302 Inhu, Letkol Inf Emick Chandra Nasution, Kasi Pidsus Kejari Inhu, Leonard Sarimonang Simalango, Ketua Pengadilan Agama Rengat, Dr Hasan Nul Hakim.

Terlihat juga sejumlah pejabat eselon II dan III 0emkab Inhu, tokoh masyarakat, agama, pemuda, serta isteri dan pihak keluarga anggota DPRD Inhu yang diambil sumpah jabatan.

Dari 40 anggota DPRD Inhu yang diambil sumpah, 23 diantaranya merupakan wajah baru. Dan usai pengucapan sumpah, Sekretaris DPRD Inhu, Aprizal Darma, langsung mengumumkan ketua sementara DPRD Inhu.

Posisi ketua sementara diemban, Sabtu P Sinurat dari Partai Nasdem dan Wakil Ketua sementara diemban Masrullah dari Partai PKB. Dan Pimpinan DPRD Inhu periode 2019-2024, Elda Suhanura didampingi Masrullah, melakukan serah terima jabatan kepada pimpinan sementara DPRD Inhu, Sabtu P Sinurat dan Masrullah.

"Atas nama ketua dan anggota DPRD Inhu Periode 2019-2024, kami mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat Inhu atas kesalahan yang pernah kami perbuat, baik secara langsung maupun tidak langsung," ujar Elda dalam paripurna itu.

Dan selamat menjalankan tugas kami ucapkan kepada anggota DPRD Inhu yang diambil sumpah jabatan, semoga amanah dalam menjalankan tugas yang diberikan negara dan masyarakat Inhu, singkatnya.

Sementara itu, pimpinan sementara PrD Inhu, Sabtu P Sinurat mengucapkan, terima kasih dan selamat purna tugas bagi para pendahulu kami yang telah menunaikan amanah rakyat.

"Dengan penuh ketulusan hati, kami mengucapkan terima kasih dan mohon doa restu kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk duduk di lembaga terhormat ini. Semoga kami mampu membawa Kabupaten Inhu menjadi lebih baik lagi," singkatnya.

Sementara itu, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi mendapat kesempatan membacakan sambutan Mendagri. "Selamat atas pengambilan sumpah jabatan, semoga dapat mengemban amanah ini dengan baik sesuai harapan masyarakat," singkatnya. ***

Penulis: Jefri Hadi