Politik

Prabowo-Sandi Ubah Visi-Misi, apa Saja Perubahanya?

capres Prabowo-sandi

RIAULINK.com -  Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto - Sandiaga Uno merevisi visi-misi yang dikumpulkan ke KPU. Salah satu perubahannya adalah istilah 'pilar', yang sebelumnya dipakai, diganti menjadi 'fokus'.

Berkas visi-misi Prabowo-Sandiaga itu baru direvisi per 9 Januari 2019. Warna berkas 45 halaman itu kini menjadi dominan biru.

Visi Prabowo-Sandiaga menjadi lebih ringkas dari sebelumnya. Begini kutipannya:

Terwujudnya Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang adil, makmur, religius, dan bermartabat dalam bingkai persatuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

Berikut ini kutipan visi Prabowo-Sandiaga sebelumnya:

Terwujudnya Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang adil, makmur, bermartabat, relijius, berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian nasional yang kuat di bidang budaya serta menjamin kehidupan yang rukun antar warga negara tanpa memandang suku, agama, latar belakang sosial dan rasnya berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Sedangkan misi mereka tetap terdiri dari 5 butir. Pada dokumen misi yang baru, kalimatnya diperpendek.

Sebelumnya ada 4 pilar, yakni Pilar Ekonomi, Pilar Kesejahteraan Rakyat, Pilar Budaya dan Lingkungan Hidup, serta Pilar Politik, Hukum, dan Hankam. Kini pilar tersebut berubah menjadi fokus dan terdiri dari 5 butir. Berikut ini kutipannya:

Fokus Pertama: Ekonomi yang mengutamakan rakyat, adil, makmur, berkualitas, dan berwawasan lingkungan

Fokus Kedua: Peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial

Fokus Ketiga: Keadilan di bidang hukum dan demokrasi berkualitas

Fokus Keempat: Menjadikan negara Indonesia rumah yang aman, nyaman, dan berdaulat bagi seluruh rakyat Indonesia

Fokus Kelima: Penguatan karakter dan kepribadian yang luhur