Kesehatan

Tips Mencegah Gula Darah Tinggi

RIAULINK.com - Bagi Anda yang punya beberapa tanda atau gejala gula darah tinggi seperti mudah merasa lelah, penglihatan jadi buram, atau luka yang tak kunjung sembuh, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter guna mendapat diagnosa yang tepat.

Diagnosa yang tepat sangat dibutuhkan agar Anda bisa mendapat pengobatan yang tepat pula. Pengobatan penyakit gula darah tinggi ini sebetulnya disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit yang dialami oleh para penderita itu sendiri.

Untuk menghindari terjadinya penyakit gula darah tinggi, Anda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan. Berikut tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan.

  • Olahraga

Bila ada yang mengatakan bahwa olahraga itu sangat dibutuhkan oleh tubuh, maka pernyataan tersebut memanglah benar adanya. Orang yang lebih berpotensi mempunyai kadar gula darah yang tinggi merupakan mereka yang mempunyai berat badan yang gemuk.

Jadi, agar tidak memiliki berat badan gemuk, Anda harus melakukan olahraga. Olahraga akan membuat berat badan menjadi lebih ideal dan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

  • Mengatur pola makan

Ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat Anda memiliki gula darah tinggi yang berkaitan dengan makanan. Seperti kebiasaan mengonsumsi makanan manis yang mengandung banyak kalori, makanan berlemak, junk food, dan makanan yang dibakar.

Bila orang sering mengonsumsi jenis makanan tersebut, maka biasanya mereka memiliki tubuh yang gemuk. Jadi sebaiknya atur pola makan yang sesuai dengan kriteria makanan sehat. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran. Penderita gula darah tinggi juga disarankan untuk tidak mengonsumsi nasi putih dan gula sembarangan.

  • Kontrol kadar gula darah secara rutin

Kontrol gula darah secara rutin sebagai langkah pencegahan dini. Bila memang Anda mempunyai gula darah tinggi, Anda bisa melakukan berbagai tindakan pencegahan agar gula menurun. Hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan karena tidak bagus untuk tubuh.

Nah itulah informasi tentang cara mencegah gula darah tinggi. Tentu saja, jangan sampai Anda menyepelekan penyakit ini karena bila dibiarkan bisa menjadi penyakit yang lebih serius lagi nantinya. Ingat, mencegah akan lebih baik dibandingkan mengobati. Sakit itu mahal harganya, karena itu jangan sampai Anda merogoh kocek yang sangat tinggi hanya untuk sebuah penyakit.