Kesehatan

Pasca Pemilu, Belum Ada Lonjakan Jumlah Pasien di RSJ Tampan

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Meski penghitungan suara hasil Pemilu Legislatif 2024 sedang berlangsung, namun setakat ini sudah mulai terlihat siapa-siapa saja yang terpilih ataupun gagal menjadi anggota legislatif.

Mengantisipasi adanya caleg gagal mengalami depresi, pihak Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Provinsi Riau, telah menyediakan poli khusus, yang merupakan poli konsultasi untuk pasien yang mengalami gangguan jiwa.

Lantas sudah adakah caleg yang mendatangi RSJ untuk berkonsultasi? Pasca pemilihan legislatif (Pileg) pada pemilihan umum (Pemilu) Serentak tahun 2024, hingga kini Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Riau belum menerima pasien dari calon legislatif (Caleg) depresi akibat gagal.

"Sampai saat ini belum ada caleg yang konsultasi di RSJ Tampan," kata Direktur RSJ Tampan Riau, Zainal Arifin, Senin (19/2/2024).

Zainal mengatakan, pasca Pemilu pelayanan di RSJ Tampan berjalan seperti biasa. Dimana tidak ada peningkatan pasien yang signifikan.

"Belum ada peningkatan pasien yang konsultasi di RSJ Tampan," sebut mantan Kepala Dinas Kesehatan Riau ini.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Perawatan Medik dan Perawatan RSJ Tampan Riau, dr Elita Sari senada juga mengatakan, pihaknya belum menerima pasien dari caleg yang gagal. Namun pihaknya siap memberi pelayanan terhadap caleg yang membutuhkan pelayanan konsultasi.

"Apalagi pelayanan di RSJ Tampan sudah terakreditasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Jadi pelayanan RSJ Tampan sudah sesuai standar," katanya.

Elita menyebut berdasarkan pengalaman sebelumnya, biasanya caleg gagal yang membutuh konsultasi kejiwaan lebih banyak mendatangi atau meminta pertolongan ke fasilitas kesehatan (Faskes) swasta.

"Jadi tidak langsung ke RSJ Tampan. Namun ketika nanti membutuh perawatan rawat inap, atau keluarga tidak sanggup lagi mengurusnya baru datang ke RSJ Tampan. Intinya kita siap jika ada caleg yang membutuhkan pelayanan RSJ Tampan," tukasnya.