Budaya

KKSS Inhil Tampilkan Pagelaran Budaya Meriahkan HUT TNI

Keterangan foto: KKSS Inhil Tampilkan Pagelaran Budaya.

INHIL, RIAULINK.COM - Dalam memeriahkan HUT TNI ke 77 tahun 2022 oleh Kodim 0314/Inhil, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menampilkan Pagelaran Budaya Suku Bugis.

HUT TNI tahun 2022 juga bersempena dengan HUT KKSS IWSS.

Partisipasi KKSS Inhil dalam menampilkan budaya suku Bugis terlaksana pada Senin malam (10/10/2022), di Lapangan Gajah Mada Tembilahan.

Ketua KKSS Inhil, H. Abdullah Mandu mengungkapkan malam pergelaran suku Bugis adalah malam yang sangat berbahagia bagi masyarakat bugis.

"Alhamdulillah segala puji syukur kehadirat Allah SWT, kami difasilitasi oleh Kodim 0314/Inhil, Tentara andalan Indonesia untuk menampilkan budaya Bugis dalam memeriahkan HUT TNI ke 77 tahun 2022," ungkapnya.

Keterangan Foto: Ketua KKSS Inhil Saat menyampaikan Sambutan.

Badan Pengurus KKSS Inhil tak lupa mengucapkan Dirgahayu kepada TNI yang ke-77.

"Semoga TNI makin kuat sehingga bisa menghantar negara kita lebih maju ke depannya," ucap Abdullah Mandu.

Ia mengatakan KKSS Inhil juga siap berpartisipasi dalam upaya membangun Kabupaten Inhil.

"Kami dari KKSS Inhil siap untuk dilibatkan berbagai macam aspek dan aktivitas pembangunan di Kabupaten Inhil," tuturnya.

Terakhir, Abdullah Mandu juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat yang hadir untuk memeriahkan pergelaran seni budaya bugis.

"Malam ini tampak suatu kekayaan budaya di Inhil. Yang sebelumnya juga ditampilkan oleh suku lain. Mulai pawai, bazar dan malam ini ditampilkan budaya bugis. Apa yang kami lakukan malam ini bukan untuk bersaing dengan suku lain, tapi ingin menunjukkan bahwa bugis juga memiliki budaya," paparnya.

Pergelaran seni budaya bugis dibuka dengan lagu bugis modern, selanjutnya Mars Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS), Tari Kipas Mamiri, Lagi bugis Mabaju Tokko, Gambus, Tari Tololona dan Indo' logo, Paduan Suara IWSS Reteh, lagu modern bugis, silat botting Janda Malaka, dan lain sebagainya.