Budaya

Melalui Gelar Budaya, Mahasiswa Inhil Di Jogja Kenalkan Budaya Melayu Di Tanah Jawa

Fhoto bersama usai melakukan pagelaran.

RIAULINK.com - Mahasiswa Indragiri Hilir (Inhil) yang tergabung dalam ikatan pelajar riau Yogyakarta komisariat Indragiri Hilir (IPRY Komisariat Inhil) melaksanakan pagelara kegiatan budaya melayu dengan tema 'pagelaran budaya, pencaran gemilang negeri melayu di tanah jawa', bertempat di padukuhan magirejo, desa ngalang kec. Gedang sari kab. Gunungkidul, (24/11/2018).

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa IPRY-Komisioner Inhil menampilkan beberapa kesenian melayu seperti tarian persembahan, tarian nusantara, dan tarian kompang meriah. kemudian juga ditampilkan teater dengan judul lahirnya 'Indragiri hilir', Selain itu  adapula music melayu dan silat melayu.

Dalam pagelaran budaya ini tidak hanya menampilkan budaya melayu, tetapi adapula penampilan budaya jawa yaitu jatilan.

Acara ini adalah salah satu program pengurus ipr y kom inhil sebagai ajang untuk menjaga tradisi melayu agar tetap eksis dimanapun ia berada. 

Sebagimana ungkapan Jika Runtuh Negeri Malaka, Tonggak Di Jawa Kita Tegakkan. Meskipun berada diperantauan, budaya daerah harus kita jaga dan lestarikan apalagi kita tergabung di organisasi daerah, kita punya tanggungjawab untuk memperkenalkannya, ucap Najib selaku Ketua Mahasiswa Inhil di Jogja.

Dalam kesempatan ini pula, tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Iqbal Sayuti (CEO PT Nursa Tour Travel) sekaligus calon anggota DPR RI  Dapil Riau II, Abang Syahrudin Hamzah, Abang Evan dan segenap alumni Ipry Kom inhil yang telah berkontribusi pada acara ini. Tutup Najib

Selain pagelaran budaya, mahasiswa inhil jogja juga akan menggelar peringatan maulid nabi Muhammad saw dan bakti sosial keesokan harinya di lokasi yang sama.