Budaya

Gubernur Syamsuar Resmikan Rumah Tamadun, Pusat Kerajinan Khas Melayu Rohil

ROHIL, RIAULINK.COM - Bagan Siapi-api -Disela kunjungan kerja ke Kabupaten Rokan Hilir dalam rangka membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Riau di Bagan Siapi -api Rokan Hilir, Gubernur Riau Syamsuar meresmikan Rumah Tamadun di Jalan Merdeka Bagan Siapi - Api Sabtu (23/7/2022).

Galeri Rumah Tamadun yang terletak di tengah kota Bagan Siapi-api ini, merupakan tempat penjualan dan produksi kerajinan khas melayu yang di buat oleh masyarakat tempatan Rokan Hilir. 

Kerajinan melayu ini menjadi souvenir dan oleh-oleh seperti tanjak, kain songket, tas lidi sawit serta berbagai makanan khas Rokan Hilir.

Gubernur Riau Syamsuar memberikan perhatian yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Riau. Tahun 2022 ini, Pemerintah Provinsi Riau telah menganggarkan Rp. 14,7 miliar untuk (Bantuan Pelaku Usaha Mikro).

"Dengan keberadaan Rumah Tamadun ini, menjadi motivasi bagi masyarakat Rokan Hilir untuk menumbuhkembangkan UMKM di sini," ujar Syamsuar.

Owner Rumah Tamadun merasa tersanjung atas kunjungan Gubernur Riau. Kunjungan orang nomor satu di Riau menjadi motivasi untuk meningkatkan produksi kerajinan lainnya. 

"Terima kasih atas kehadiran bapak, kedatangan Bapak menjadi semangat bagi kami, " ujar Hendra. ***