Lingkungan

Antisipasi Banjir, PUPR Dumai Normalisasi Drainase

Keterangan Foto : Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Dumai, Reza Fahlevi saat meninjau pelaksanaan program normalisasi drainase.

DUMAI, RIAULINK.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) Kota Dumai laksanakan normalisasi drainase jangka pendek.

Hal ini sebagai langkah mengantisipasi banjir di sejumlah wilayah Kota Dumai. Ada beberapa lokasi yang dinormalisasi, diantaranya di Jalan Cempedak, Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Dumai Kota, Jalan Tegalega, Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Kota dan Jalan Kusuma, Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur.

Kepala Dinas PUPR Kota Dumai, Emg Mohammad Syahminan melalui Kepala Bidang Bina Marga, Reza Fahlevi mengatakan seluruh bidang yang ada di Dinas PUPR bergerak dan bekerjasama terkait program normalisasi ini.

Untuk Bidang Bina Marga sendiri begerak pada pada bangunan fisik, seperti memasang box culvert, gorong gorong dan pengaspalan.

Sementara di Bidang Cipta Karya begerak di tenaga buruh sebagai tenaga manual,  Bidang Sumber Daya Alam (SDA) untuk normalisasi aliran air dan bidang alat berat menurunkan satu unit alat berat (beko) untuk mengeruk aluran air tersebut. 

"Kegiatan ini dimulai dari Jalan Kusuma Simpang Tani sampai ujung jalan Dumai-Pelintung Kelurahan Jaya Mukti," terang Reza kepada riaulink.com, Selasa (6/8/2019) melalui sambungan telepon selulernya. 

Pogram ini untuk mengatasi genangan air atau penyumbatan ketika datangnya hujan lebat sehingga mengakibatkan terjadinya banjir.

Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan survei di lokasi tempat normalisasi, selanjutnya mereka juga sudah mensosialisasikan hal tersebut kepada warga setempat yang didampingi oleh lurah-lurah setempat.

"Normalisasi ini terlebih dahulu kita lakukan di Jalan Kusuma Kelurahan Jaya Mukti," sebutnya.

Kegiatan normalisasi parit seperti penggalian lumpur karena sudah dangkal dan pembersihan tumbuhan liar ini sudah berlangsung mulai hari Kamis, 25 Juli 2019 dua pekan lalu.

"Dan sampai saat ini kegiatan itu berjalan dengan baik dan lancar," tutupnya.(kll)