Lingkungan

Hampir Setahun Berjalan, Jum'at Berkah Pemcam Tebingtinggi jadi Perhatian

MERANTI, RIAULINK.COM - Jum'at Berkah yang dilakukan Pemcam Tebingtinggi sudah hampir berjalan 1 tahun. Kegiatan positif ini mendapat perhatian yang luar biasa di kota Selatpanjang. 

Sebagai daerah yang baru dimekarkan (Kabupaten Kepulauan Meranti) terutama diibukotanya Selatpanjang notabennye berada diwilayah Kecamatan Tebingtinggi, bukan berarti dibukota tersebut masyarakat sejahtera semuanya. 

Terlihat masih banyak terdapat kluarga Pra sejahtera dkategorikan kurang mampu, bahkan dalam memenuhi khidupan sehari - hari seperti makan dan tempat tinggal saja sangat memprihatinkan,  dalam istilah melayu " kais pagi makan pagi dan kais petang makan petang ".

"Penyebabnya memang karena faktor umur yang sudah tua,  sakit permanen, memang sulitnya untuk mencari pekerjaan tetap, dan terkadang lebih memprihatinkan lagi ada juga berharap dari bantuan tetangga atau kluarga untuk makan sehari-hari dan tempat tinggalnya masih menumpang ditanah orang dengan bangunan seadanya," ungkap Camat Tebingtinggi Helfandi SE M.Si kepada Riaulink.com. 

Menyikapi banyaknya masyarakat yang kurang mampu di kota Selatpanjang ini membuat banyak pihak prihatin untuk membantu  masyarakat seprti ini.

Dilanjutkan Camat Tebingtinggi, kita tetap ikut ambil peduli terhadap masyarakat
yang seperti ini (Kurang Mampu, red). Dengan adanya kegiatan Jumat Berkah dibentuk pada Agustus 2018 yang lalu setelah 1 bulan dilantik menjadi Camat Tebingtinggi, maka kegiatan ini setidaknya dapat membantu saudara kita yang membutuhkan. 

"Kegiatan Jumat Berkah merupakan kegiatan Pemcam Tebingtinggi menyapa warganya setiap hari Jumat dengan mengunjungi rumah warga sesuai data yang diberikan oleh pihak Desa / Kelurahan dan bahkan ada info data langsung dari masyarakat, " katanya. 

"Alhamdulillah, kegiatan Jumat Berkah menyapa warga Tebingtinggi ini sudah hampir berjalan setahun,  sebulan setelah saya dilantik menjadi Camat Tebingtinggi. Kegiatan ini berjalan setiap hari Jumat, dan kegiatan ini murni untuk membantu masyarakat yang betul-betul membutuhkan dan sekaligus mengiventarisasi segala bentuk kondisi masyarakat kita, baik kondisi tempat tinggal, kesehatan dan pendidikan," tambah nya. 

Lebih jauh dikatakan mantan Camat Tebingtinggi Timur ini, melalui kegiatan ini kita bisa tahu apakah masyarakat kita itu mempunyai pekerjaan atau tidak, punya tempat tinggal yang layak atau tidak, anak atau keluarga mereka sekolah atau tidak, masyarakat kita itu apakah sehat atau sakit permanen,  dan apakah masyarakat kita itu hari ini perut mereka kosong atau berisi. 

"Melalui Jumat Berkah menyapa Warga maka dengan itu kami sudah tahu betul kondisi warga kita, dan kami sudah punya data tempat tinggal mereka. "Alhamdulillah kita sudah sampaikan kepada pihak-pihak agar bisa kita sinergikan dalam perencanaan kesejahteraan masyarakat kecamatan Tebingtinggi kedepan yang notabennye adalah Ibukota Meranti. 

Ditempat terpisah, Sekcam Tebingtinggi Muhammad Sakinul menambahkan kalau
Khusus untuk paket  sembako Jumat berkah ini merupakan sumbangan dari ASN , honor kantor Camat, staf puskemas, kkurahan / desa, perbankan , donatur tetap dan masyarakat Tebingtinggi. 

Selanjutnya, untuk kegiatan bedah rumah masyarakat,  pendanaan untuk hal itu pihak kecamatan melakukan koordinasi dengan Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti, Pemda Kepulauan Meranti serta ada juga sumbangan dari pihak yang tidak mengikat termasuk jajaran Kecamatan Tebingtinggi. 

"Kami juga berharap agar kegiatan Jumat berkah tetap mendapat dukungan semua pihak dan mohon saran serta masukannya agar kegiatan seperti ini tetap eksis dan berkelanjutan membantu masyarakat. Selain itu, tidak menutup kemungkinan kegiatan ini dapat dilakukan semua pihak atau institusi lainnya, kami juga menerima sumbangan dari pihak-pihak lain untuk membantu keluarga kita yang kurang mampu, " ujarnya.