Pendidikan

Luar Biasa..! BAN PT Nyatakan Dua Prodi pada STKIP Insan Madani Airmolek Telah Terakreditasi B

INHU, RIAULINK.COM - Setelah mengikuti tahapan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), akhirnya dua Program Studi (Prodi) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Insan Madani Airmolek, menyandang predikat Akreditasi B, Minggu (30/7/2023).

Dua program studi tersebut yaitu, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika, berdasarkan sertifikat BAN-PT Nomor: 2346/SK/BAN-PT/Ak-PPj/S/IV/2022 dan Nomor: 2347/SK/BAN-PT/Ak-PPj/S/IV/2022.

Untuk prodi pendidikan bahasa inggris, sertifikat akreditasi tersebut berlaku selama lima tahun kedepan, terhitung sejak 22 Maret 2022 hingga 22 Maret 2027. Sedangkan untuk prodi pendidikan matematika, terhitung dari 1 Maret 2022 hingga 1 Maret 2027.

"STKIP Insan Madani Airmolek, merupakan satu-satunya perguruan tinggi bidang keguruan di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, dan alhamdulillah telah terakreditasi B," kata Ketua STKIP Insan Madani Airmolek, H Robi Afriyan.

Sebelumnya sebut Robi Afriyan, pihak dari tim penilai telah menerbitkan asesment lapangan yang dilaksanakan pada 29-30 Mei 2023 untuk prodi Bahasa Inggris, dan pada tanggal 19-20 Juni 2023 untuk prodi pendidikan matematika.

Dengan demikian, ditinya berharap agar civitas kedua prodi tersebut tidak berpuas diri dengan capaian akreditasi yang telah diperoleh. "Saya berharap kedua prodi ini dapat terus meningkatkan mutu pendidikan, dan menjadi prodi yang mampu menciptakan generasi bangsa yang cerdas serta berakhlak madani," singkat Robi Afriyan.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fajar Wirawan, menyebutkan bahwa prodi yang dinaunginya sudah melewati proses asesment lapangan yang dilakukan oleh BAN-PT. 

"Atas semua ini, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh tim yang telah bekerja keras menyiapkan seluruh data dan dokumen yang dibutuhkan. Kedepan diharapkan prodi pendidikan bahasa inggris ini dapat meningkatkan mutu, baik dalam bidang pengajaran, pengelolaan kemahasiswaan, dan organisasi ESA," imbuhnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ramadhani Fitri, selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika. "Alhamdulilah, asesment lapangan berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Dan persiapan kita lakukan setelah BAN PT mengeluarkan jadwal asesment lapangan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Bidang Akademik, Helma Mustika, menyampaikan bahwa perolehnya akreditasi B oleh kedua prodi tersebut, tentu menunjukkan kualitas STKIP Insan Madani.

Yang mana, kurikulum yang ada di STKIP Insan Madani telah memenuhi kriteria secara nasional, serta awal untuk semakin tetap mempertahankan semangat dalam mengembangkan kualitas dan kreatifitas pendidikan khususnya di Kabupaten Inhu.

Semua itu dapat dibuktikan dari tracer study bahwa lulusan STKIP Insan Madani Airmolek, rata-rata sudah bekerja sesuai dengan bidang keilmuwannya.

"Terimakasih saya ucapkan kepada seluruh unsur yang telah berkontribusi sejak awal hingga keluar nya hasil asesment lapangan dari BAN-PT, mulai dari Ketua dan Wakil Ketua I,II, III, UPMI, UPPM, seluruh dosen dan staff, mahasiswa, alumni, dan seluruh stakeholder yang terlibat. Semua ini merupakan keberhasilan kita bersama," singkatnya. (*)