Pendidikan

Agribisnis UNRI Bersama PASPI Sukses Gelar Seminar Bedah dan Diseminasi Buku serta Lomba Konten Kreatif Tentang Industri Minyak Sawit

Penyerahan Simbolis Buku 'Mitos Vs Fakta: Industri Minyak Sawit Indonesia dalam Isu Sosial, Ekonomi dan Lingkungan Global Edisi Keempat' Kepada Perwakilan Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Riau.

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisnis (HMJ) bersama Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI) telah sukses menyelenggarakan acara seminar bedah dan diseminasi buku bertajuk "Mitos Vs Fakta: Industri Minyak Sawit Indonesia dalam Isu Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan Global Edisi Keempat".

Acara seminar bedah dan diseminasi buku juga melibatkan perlombaan konten kreatif kelapa sawit yang sebelumnya telah diselenggarakan dan telah diikuti oleh  mahasiswa/i yang berada di Provinsi Riau. Pemenang lomba diumumkan pada hari pelaksanaan seminar yaitu pada Hari Sabtu, 16 Desember 2023.  Acara ini dilaksanakan di Gedung M. Diah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau. 

Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) telah melaksanakan 4 kegiatan serupa di 4 Universitas di Indonesia yaitu IPB University, Universitas Sriwijaya, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Udayana. Untuk kelima kalinya, Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan melaksanakan kegiatan serupa dengan bekerjasama dengan HMJ Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau sebagai penyelenggara kegiatan ini. 

Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) telah menyusun dan meng-update Buku “Mitos Vs Fakta: Industri Minyak Sawit Indonesia dalam Isu Sosial, Ekonomi dan Lingkungan Global Edisi Keempat”. Buku tersebut memuat hal-hal mutakhir terkait isu-isu yang berkembang pada industri sawit global yang disajikan dengan fakta, data, dan kajian empiris. 

Kegiatan ini dipandu oleh Sispa Pebrian, S.P., M.Si (Dosen Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau) sebagai Moderator, dan turut dihadiri oleh Dr. Shorea Khaswarina, S.P., M.P (Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Universitas Riau), Jumatri Yusri, S.Pt., M.Si  (Ketua Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau). 

Pemaparan bedah buku diawali dengan keynote speech oleh Aida Fitria (Kepala Divisi Lembaga Kemasyarakatan dan Civil Society BPDPKS) mewakili Eddy Abdurrachman (Direktur Utama BPDPKS) sebagai Keynote Speech “Peran BPDPKS dalam Pengembangan Industri Sawit dan Advokasi Sawit”. 

Dr. Ir. Tungkot Sipayung (Direktur Eksekutif PASPI dan Ketua Tim Penyusun Buku Mitos Fakta Sawit) menyampaikan bahwa buku ini disusun sebagai bahan diskusi, yang disusun dengan data-data serta fakta hasil penelitian untuk membangun era baru pada industri sawit Indonesia berdasarkan data dan fakta. Indonesia sudah menjadi juara satu dunia, sebagai produsen sawit terbesar di dunia dan juara minyak nabati dunia. Industri kelapa sawit telah berkembang menjadi sistem agribisnis mulai dari hulu sampai hilir. Kontribusi besar kelapa sawit dalam perekonomian sangat besar meliputi penyerapan tenaga kerja dan devisa negara. Sawit juga memiliki kontribusi dalam penurunan kemiskinan di Indonesia. 

Selanjutnya pembahasan bedah buku mitos vs sawit disampaikan oleh masing-masing pembahas selama 15 menit. Diawali oleh Ir. Syaiful Hadi, M.Si., Ph.D (Dosen Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau) sebagai pembahas I, Dr. Dewi Fortuna Ayu, S.TP., M.Si (Dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Riau) sebagai pembahas II, dan Dr. Mayarni, S.Sos. M.Si (Dosen Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau) sebagai pembahas III.  

Melalui kegiatan Seminar Bedah dan Diseminasi Buku “Mitos Vs Fakta: Industri Minyak Sawit Indonesia dalam Isu Sosial, Ekonomi dan Lingkungan Global Edisi Keempat”, diharapkan terjadi proses pertukaran informasi dan pandangan tentang isu-isu sawit global mutakhir yang berkembang dan hasil-hasil kajian mutakhir terkait dengan isu-isu sawit global.