Ekonomi

Dampak BBM Mahal, Tarif Travel Taluk Kuantan-Pekanbaru Naik Rp40 Ribu

Ilustrasi

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat pengusaha travel di Riau juga ikut menaikkan tarif untuk penumpang. BBM yang semakin mahal tentu membuat pengusaha harus menyesuaikan tarif.

Dari data yang dirangkum media, per 4 September 2022, tarif travel dari Taluk Kuantan ke Pekanbaru mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Biasanya masyarakat hanya membayar Rp80 ribu saat menggunakan jasa travel dari Taluk Kuantan menuju Pekanbaru, namun sejak 4 September kemarin, masyarakat harus membayar Rp120 ribu.

Pengusaha travel Taluk Kuantan - Pekanbaru juga sudah membuat surat edaran kepada pengguna layanan, bahwa ongkos tarif mengalami kenaikan.

"Bersama ini disampaikan sehubungan dengan meningkatnya biaya operasional kendaraan armada, maka kami menjaga kenyamanan pelayanan dengan ini kami dari pihak travel mengadakan penyesuaian tarif berlaku mulai dari tanggal 4 September 2022," kata Ketua pengusaha travel Taluk Kuantan - Pekanbaru, Mawardi, Senin (5/9/2022).

Dia juga menjabarkan kenaikan tarif untuk masing-masing rute, yakni sebagai berikut:

1. Berangkat dari Pucuk Rantau menuju Pekanbaru dengan tarif Rp170 ribu.

2. Berangkat dari Hulu Kuantan menuju Pekanbaru dengan tarif Rp140 ribu.

3. Berangkat dari Lubuk Jambi menuju Pekanbaru dengan tarif Rp140 ribu.

4. Berangkat dari Gunung Toar menuju Pekanbaru dengan tarif Rp120 ribu.

5. Berangkat dari Taluk Kuantan menuju Pekanbaru dengan tarif Rp120 ribu.

6. Berangkat dari Sentajo menuju Pekanbaru dengan tarif Rp120 ribu.

7. Berangkat dari Benai menuju Pekanbaru dengan tarif Rp120 ribu.

8. Berangkat dari Jake menuju Pekanbaru dengan tarif Rp120 ribu.

9. Berangkat dari Logas menuju Pekanbaru dengan tarif Rp120 ribu.

10. Berangkat dari Muara Lembu menuju Pekanbaru dengan tarif Rp120 ribu.

11. Berangkat dari Kebun Lado menuju Pekanbaru dengan tarif Rp120 ribu.

12. Berangkat dari Petai menuju Pekanbaru dengan tarif Rp110 ribu.

13. Berangkat dari Koto Baru menuju Pekanbaru dengan tarif Rp110 ribu.

14. Berangkat dari Sungai Paku menuju Pekanbaru dengan tarif Rp100 ribu.

15. Berangkat dari Simpang Koran menuju Pekanbaru dengan tarif Rp100 ribu.

16. Berangkat dari Tanjung Pauh menunu Pekanbaru dengan tarif Rp100 ribu.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi. Harga Pertalite naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10 ribu per liter (harga BBM naik).

Selain harga BBM Pertalite, ada kenaikan Solar bersubsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter, dan Pertamax non-subsidi dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter yang berlaku sejak Sabtu, 3 September 2022 pukul 14.30 WIB.

Pengumuman harga BBM naik ini justru bertepatan saat harga minyak mentah dunia mulai perlahan mengalami penurunan. Beberapa waktu lalu, harga minyak Brent yang jadi patokan global memang berfluktuasi, bahkan sempat berada di atas 100 dollar AS per barel, namun kini sudah turun di kisaran 90 dollar AS per barel.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif beralasan, penurunan harga minyak dunia tak bisa jadi tolak ukur dalam menentukan kebijakan harga BBM dalam negeri untuk jangka waktu panjang.

"Harga minyak memang turun naik tiap hari jadi memang tidak bisa dijadikan patokan untuk jangka panjang mengenai ketepatan alokasi subsidi ini (kebijakan BBM naik)," ujar Arifin dikutip dari Antara, Ahad (4/9/2022).