Metropolis

Pemko Dumai 'Sulap' Pantai Puak jadi Kawasan Wisata Berbudaya Melayu

Keterangan foto : kawasan Pantai Puak Teluk Makmur

DUMAI, RIAULINK.COM - Pemerintah Kota Dumai menyiapkan objek wisata Pantai Puak di Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Dumai Timur sebagai kawasan wisata berbasis budaya Melayu

Sebagai langkah mendukung pemerintah di sektor kepariwisataan daerah. 

Sehingga diharapkan dapat menjadi wisata unggulan di daerah yang dijuluki sebagai kota pelabuhan ini karena banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun luar daerah.

Apalagi sebelumnya Pantai Puak juga mendapat bantuan kucuran dana dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI pada tahun 2018 sebesar Rp1,1 miloar dan 2019 Rp1,6 miliar.

Kucuran dana tersebut sebagai pengembangan ikon wisata di pantai tersebut serta Pantai Puak memang ditetapkan sebagai lokasi wisata berbasis budaya Melayu.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata,  Syamsudin mengatakan Pantai Puak terus disiapkan Pemko Dumai sebagai destinasi wisata unggulan, bahkan pihaknya juga sudah 'menyulap' supaya menjadi lebih menarik agar makin diminati masyarakat.

"Selain itu Pantai Puak sebagai tempat agro wisata dan kerajinan produk tempatan,"ungkap mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai ini memaparkan.

Meski kian hari khususnya di hari libur, kunjungan wisata semakin meningkat, namun dirinya tetap mengingatkan baik pengelola maupun pengunjung pantai tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi.

"Seperti menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer, menjaga jarak hindari kerumunan, bahkan untuk setiap wisatawan yang hendak masuk sebelumnya dilakukan pengecekan suhu tubuh,"pesan dia.(kll)