Kesehatan

Puncak Perayaan HKN Dinkes Inhil 'Generasi Sehat, Indragiri Hilir Unggul'

INHIL, RIAULINK.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Menggelar acara Puncak Perayaan Hari Kesehatan Nasional dengan Tema " Generasi Sehat, Indragiri Hilir Unggul" yang dilaksanakan di gedung Venue Futsal Tembilahan, Senin (18/11/2019).

Kegiatan Tersebut Berlangsung dengan sangat meriah dan ramai dihadiri tamu undangan, pada acara tersebut menyediakan berbagai macam makanan dan pengecekan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir.

Bupati Indragiri Hilir HM Wardan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada dinas kesehatan kabupaten Indragiri Hilir dan jajarannya dalam hal ini sudah banyak ikut kontribusi di bidang kesehatan serta apresiasi yang setinggi-tingginya hingga terselenggaranya kegiatan ini yang sudah dikemas dengan baik dan berjalan lancar.

"kita melaksanakan hari Kesehatan Nasional ke-55 di Kabupaten Indragiri Hilir tentunya kegiatan ini adalah merupakan kegiatan puncak yang telah diawali dengan berbagai kegiatan kegiatan sebelumnya masuk kemarin hari Minggu kita melaksanakan kegiatan senam bersama juga kegiatan-kegiatan pengobatan gratis dari kata sosialisasi dan sebagainya dalam rangka bagaimana upaya kita untuk menjaga kesehatan kepada masyarakat," kata Wardan.

"Dalam sambutan tertulis bapak menteri Kesehatan Republik Indonesia di mana salah satu topiknya penekanan untuk mengatasi masalah stanting dan Alhamdulillah dalam periode pertama secara bersinergi pusat dan daerah, kita baru mampu untuk mengatasi lebih kurang 11%. ini yang menjadi pusat aktivitas secara bersama-sama kepada seluruh masyarakat terutama bagi pasangan pengantin baru, karena masalah saat ini muncul nya itu pada sebelum pembuahan janin," lanjut Bupati Inhil.

HM Wardan juga sangat memberikan apresiasi ada kerjasama Dinas Kesehatan bersama-sama dengan kementerian Agama persamaan kesempatan untuk memberikan pencerahan dan penjelasan kepada calon-calon pengantin baru agar mereka paham mengenai stanting atau penyakit lainnya.

"Saya berharap agar rangkaian kegiatan ini juga dapat memberi, edukasi dan pemahaman kepada masyarakat untuk menciptakan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari dan juga untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mewujudkan generasi yang sehat untuk Indonesia unggul," tutup Wardan.

Sedang Kepala Dinas Kesehatan Inhil Zainal Arifin mengatakan HKN ke-55 ini sebenarnya momentum kami untuk mengukur tingkat keberhasilan, kalau dulu ada angka kematian ibu sekarang kita sudah beralih ke masalah stanting atau kekerdilan karena gizi yang kurang, jadi di tahun 2019 kedepan ada dua tantangan utama pertama adalah penanganan stunting yang jumlahnya 1700-an dan yang kedua masalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pembiayaan kesehatan yang masih carut marut.

Kedepannya kami menargetkan penurunan masalah stating ini bukan 10% tapi Zero alias 0% oleh karena itu kami buat Pos Terpadu Prakonsepsi Penanganan Stanting (Peluncuran Durasi) artinya kita membuat pos sebelum orang menikah, di situ bekerjasama dinas kesehatan, Muslimat NU dan Kementerian Agama (Kemenag) yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kemenag dari sisi agamanya, kemudian Muslimat NU itu dari Pendidikan anak dan orang tuanya sedangkan Dinas Kesehatan dari sisi kesehatannya," lanjut Zainal.

"Masalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pembiayaan kesehatan kita masih carut-marut, kita berupaya juga bagaimana itu bisa teratasi dan semua masyarakat benar-benar dijamin kesehatannya oleh pemerintah sepanjang dia mau di kelas 3. Jadi hari ini kita juga akan terus berupaya bagaimana sinkronisasi provinsi dengan kabupaten yang berapa bulan lalu pak Gubernur ingin mewujudkan setiap masyarakat Riau yang memiliki nomor induk kependudukan itu dijamin kesehatannya kalau itu terwujud insya Allah kita tidak ada masalah lagi dengan pembiayaan kesehatan,". Tutup Zainal.

Hadir dalam acara ini Bupati Kabupaten Inhil HM Wardan, Sekda Inhil H Said Syarifudin, Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman SIK, Dandim 0314 Inhil Letkol Inf Imir Faisal, Ketua TP-PKK Kabupaten Inhil Hj Zulaikhah Wardan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil Zainal Arifin, Kepala OPD Inhil, Forkopimda serta para undangan.Jb