Kesehatan

Macet Bayar ke RSUD Rohul, Ini Alasan BPJS

ROHUL, RIAULINK.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kabupaten Rokan Hulu saat ini tercatat menunggak pembayaran ke RSUD Pasir Pengaraian. 

Menurut pengakuan Kepala Perwakilan BPJS Kesehatan Rohul, Ivo Sartika, tunggakan BPJS kepada pihak rumah sakit umum daerah  bukanlah terjadi di Rokan Hulu saja, melainkan permasalahan nasional.

"Untuk pembayaran itu memang terlambat, karena memang kondisi keuangan kita lagi tidak ada dan ini juga bukan terjadi di Rohul saja, melainkan permasalahan nasional juga," ungkap Ivo

Dalam pengakuannya, pihak BPJS telah melakukan pembayaran hingga Bulan Mei 2019, sedangkan bulan selanjutnya masih diusahakan. 

"Terakhir kita bayar itu di Bulan Mei, sisanya dari Bulan Juni sampai Oktober yang belum," jelas Ivo.

Katanya, hingga saat ini masih banyak anggota BPJS yang menunggak dalam pembayaran. "Peserta yang rajin membayar itu hanya 46 % sedangkan 54 % menunggak," jelasnya. 

Ketika ditanyakan tentang kenapa rumah sakit lain seperti Surya Insani Rohul masih bertahan dengan pasien BPJS, Ivo menjelaskan pihak RS Surya Insani telah mengambil program Supply Chain Management (SCM) dari pihak bank. Sedangkan RSUD Pasir Pengaraian masih dalam proses pengurusan. 

"Karena rumah sakit lain sudah mengambil program SCM. yang mana ada dana talangan dari bank yang bekerja sama dengan rumah sakit dan kita dengar RSUD masih dalam proses pengambilan dana talangan ini," jelas Ivo.(Jk)