Kesehatan

Mengenal Lebih Dekat Germas

ROKANHILIR, RIAULINK.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir terus menggalakkan kegiatan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Bersih Sehat). Program ini salah satu unggulan program Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Hj Dahniar, S.Kep M.Kes melalui Sekretaris, Ahmad Yusuf, Jumat (30/8/2019).

"Kita adakan juga Kegiatan Program Germes dimana Propinsi Riau menunjuk Kabupaten Rokan Hilir yang di Fokuskan sebagai tempat pencanangannya Germes ini," kata Ahmad.

Tujuan dalam Program Germas adalah upaya mengenalkan kepada masyarakat tentang pola hidup sehat serta membangun komitmen terhadap kesehatan. Pemerintah daerah serta stake holder lainnnya agar mendorong agar masyarakat dapat meningkatkan derajat kesehatan seoptimal mungkin.

"Tentunya Germas merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup sehat," jelasnya.

Lebih jauh diterangkan Achmad pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

"Germas dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban, pada tahap awal." tegasnya.(dgt)