Kesehatan

Bupati Inhil: Ternyata di Hari Kemerdekaan Masih Banyak Warga Kita yang Sakit

INHIL, RIAULINK.COM - Usai menjadi Irup pada Upacara Hari Pramuka Ke-58 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Bupati Drs HM Wardan MP menjenguk pasien penderita gizi buruk di RSUD Puri Husada Tembilahan.

Turut serta pada kesempatan itu Ketua PMI Inhil Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, Kepala Dinas Kesehatan Inhil, dan Wakil Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan.

Bayi bernama Corneyus yang lahir pada 1 Maret 2018 lalu ini merupakan anak dari pasangan Cornelis (26) dan Berlian (25), warga KM 06 Pulau Burung.

Kepala Dinas Kesehatan Inhil, H Zainal Arifin SKM MKes menyebutkan bahwa Corneyus merupakan penduduk pendatang yang menetap di Pulau Burung sejak 2 tahun lalu.

Dikatakan Zainal, yang menjadi kendala pengobatan Corneyus hingga saat ini karena keluarga tersebut tidak mempunyai identitas kependudukan, namun pihak RSUD berbesar hati menerima dan melayani pasien secara 'cuma-cuma'.

Terkait hal tersebut, Zainal mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Inhil agar keluarga pasien dapat melakukan perekaman identitas kependudukan domisili Pulau Burung sehingga bisa didaftarkan sebagai peserta JKN dari BPJS Kesehatan.

Sebelumnya Corneyus sudah mendapat perawatan dari Puskesmas Pulau Burung, kemudian dirujuk ke RSUD Raja Musa Sungai Guntung. Namun pihak RSUD Raja Musa tidak sanggup karena kondisi pasien kian memburuk sehingga dirujuk ke RSUD Puri Husada Sabtu (17/8/2019) petang.

Selesai perawatan di RSUD Puri Husada, Zainal mengutarakan bahwa tumbuh kembang Corneyus akan terus dipantau melalui UPT Puskesmas setempat.

Bupati merasa sedih melihat kondisi bayi 17 bulan yang terbaring tidak berdaya tersebut. Dirinya berharap agar Corneyus segera pulih dan tumbuh sehat sebagaimana anak-anak lainnya.

"Ternyata pada hari kemerdekaan ini masih banyak warga kita yang sakit," ucap Wardan.

Ia mendoakan agar seluruh masyarakat yang sedang sakit diberikan kekuatan untuk melewati masa sakitnya.

"Dan kepada keluarga yang menjaga dan merawat pasien, supaya sabar dan tetap tegar," ujar Bupati.

Namun demikian, Bupati memberi apresiasi kepada pihak RSUD Puri Husada yang turut serta memeriahkan hari kemerdekaan dengan melakukan berbagai kegiatan.

"Para perawat, para bidan juja melaksanakan kegiatan lomba-lomba di RSUD Puri Husada," pungkasnya.