Kesehatan

Membudayakan Cuci Tangan dan Sikat Gigi yang Benar

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan dikalangan anak-anak, kelompok Kukerta Unri mengadakan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN 04 Bandar Laksamana tepatnya di Desa Parit 1 Api-Api, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis.

Penyuluhan ini diadakan pada Sabtu selama 2 minggu berturut-turut, yakni tanggal 27 Juli dan 3 Agustus 2019.

Penyuluhan yang diusulkan oleh Mahasiswa Kukerta Unri terbagi dalam 2 bagian materi yang diajarkan tiap pekannya, yaitu cara cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Dengan memiliki kesadaran PHBS, para siswa diharapkan terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman.

“Tentu saja penyuluhan sangat bagus untuk diadakan, sekolah sangat mendukung program dengan kegiatan yang mengajarkan kepada kebaikan dan berguna untuk siswa-siswa kami nantinya” ujar Atan selaku Kepala Sekolah SDN 04 Bandar Laksamana.

Para staf dan guru SDN 04 Bandar Laksamana juga sangat mendukung diadakannya kegiatan PHBS tersebut karena siswa dapat mengetahui tentang untuk pentingnya hidup bersih dan sehat dalam sehari-hari.

Agar memudahkan siswa dalam memahami materi, kelompok Kukerta Unri mengajarkan langkah-langkah PHBS tersebut dengan sebuah poster dan menggunakan sebuah lagu yang menjelaskan tentang langkah-langkah melaksanakan PHBS kepada anak-anak agar dapat dengan mudah memahami langkah PHBS tersebut.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama siswa dan pihak sekolah SDN 04 Bandar Laksamana bersama mahasiswa Kukerta Unri Desa Parit 1 Api-Api.