Lingkungan

Tim Siaga Darurat Karhutla Dumai Pantau Ratu Sima

DUMAI, RIAULINK.COM - Mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) agar tidak meluas hingga menimbulkan bencana asap, petugas gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, masyarakat peduli api (MPA) dan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai melakukan pemantauan di sejumlah titik api khususnya pada Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan, Sabtu (10/8/2019).

Kegiatan tersebut diiringi dengan pemadaman dan pendinginan lanjutan menggunakan sejumlah peralatan dengan total luas lahan sekitar dua hektar terletak pada titik kordinat 1″3937,335″ N dan 101″2349,668″ E.

“Kondisi ini dalam keadaan siaga darurat” ujar salah seorang petugas dari kepolisian yang diwakilkan oleh Bhabinkamtibmas Ratu Sima, Aipda Suryadi dari personil Polsek Dumai Selatan kepada riaulink.com.

Ia katakan kondisi terkini terkait kebakaran lahan sedikit meluas ke arah dalam dan kondisi api berhasil dipadamkan, namun demi mencegah munculnya titik api kembali para petugas dalam keadaan waspada dan terus memantau sejumlah lahan dalam wilayah hukum Ratu Sima.

“Kondisi lahan untuk sementara berhasil kita amankan dan hanya tinggal kepulan asap, namun kondisi ini tetap dalam pantauan kami,”lanjutnya memaparkan.

Pantauan di lapangan para personil gabungan tersebut terdiri dari sembilan orang TNI, empat orang Polsek Dumai Selatan, tiga MPA, lima BPBD, delapan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), tujuh Polres Dumai dan anggota Brimob sebanyak tujuh personil.

Kondisi siaga darurat terus berlanjut hingga 31 Oktober mendatang.(kll)