Kesehatan

RSUD Kuansing Terus Berbenah, Segera Bangun Dua Gedung Baru

KUANSING, RIAULINK.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kuantan Singingi terus meningkatkan pelayanan untuk kenyamanan pasien. Tahun ini dibangun gedung baru rawat inap 3 lantai dan rehap total gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) 2 lantai.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD Dr.  Fahdiansyah, SpOg melalui Plh Rian Fitra, SSTP., Jumat (26/7/2019) di ruang kerjanya.

Diharapkan dengan dibangunnya gedung ini, nantinya pasien yang berobat di RSUD Kuansing akan semakin nyaman, tidak lagi perlu berobat ke luar daerah seperti Pekanbaru dan Sumatra barat. 

"Sejak RSUD Kuansing berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), pelayanan kesehatan terus ditingkatkan, masyarakat Kuansing tidak perlu lagi jauh jauh berobat ke luar daerah. Di RSUD  Kuansing saat ini  sudah cukup bagus, baik kulaitas dokter, tenaga medis seperti perawat dan  bidan," ungkap Direktur RSUD Dr. Fahdiansyah melalui Plh, Rian Fitra.

Selain itu kata Rian Fitra, RSUD Kuansing terus menjalin komunikasi dan kerja sama bahkan telah melakukan Momerandum of Understanding (MoU) dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia.

Hal ini dimaksudkan untuk mendukung ketersediaan tenaga dokter, terutama dokter spesialis.

Beberapa universitas yang telah menjalin  kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kuansing dalam hal ini  RSUD Kuansing adalah Universitas Andalas (Unand) Padang, Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Universitas Padjajaran (Unpad), dan Universitas Gajah Mada (UGM) Jogyakarta.

"Dokter-dokter di RSUD Kuansing kebanyakan lulusan universitas tersebut, beberapa Dokter spesialis baru, diantaranya spesialis paru-paru, spesialis kulit, spesialis biomedical, spesialis mikrobiologis klinis, dan patologi klinis," jelasnya.

Untuk rencana tahun 2020, kata alumni STPDN ini, RSUD Kuansing telah mengusulkan ke Kementrian Kesehatan di Jakarta, proposal tiga bangunan baru, yaitu bangunan ruang ICU, Bangunan ruang labor, bangunan ruang rawat jalan.

"Seluruh tahapan untuk mendapatkan bantuan Pemerintah Pusat ini, telah kita lalui, bahkan presentasi proposal di Jakarta sudah kita lakukan," katanya.

"RSUD Kuansing, sangat intens melakukan komunikasi dengan Kementerian Kesehatan," ujar Rian Fitra.

"Alhamdulillah perhatian Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan cukup baik, RSUD Kuansing saat ini tidak kalah dengan RSUD yang ada di Riau, baik dari segi fasilitas medis, tenaga dokter, pelayanan para medis sudah jauh meningkat," ucapnya mengakhiri. (si)