Kesehatan

Rohul dan Rohil Belum UHC, Diskes Riau Gencarkan Sosialisasi

Kepala Dinas Kesehatan, Zainal Arifin.

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sebanyak 10 kabupaten/kota di Riau saat ini sudah mencapai cakupan jaminan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC). Dengan demikian, maka saat ini hanya tinggal dua kabupaten saja di Riau yang belum mencapai UHC yakni Rokan Hulu (Rohul) dan Rokan Hilir (Rohil). 

Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal mengatakan, terhadap dua kabupaten yang belum mencapai UHC tersebut, pihaknya sudah sering memberikan sosialisasi. Namun hingga saat ini, untuk dua kabupaten tersebut juga belum kunjung mencapai UHC.

“Untuk saat ini, hanya tinggal Rohul dan Rohil yang belum mencapai UHC. Kami juga sudah sering memberikan sosialisasi,” kata Zainal, Jumat (24/11/2023.

Disebutkan Zainal, untuk menggesa program UHC tersebut, pihaknya sudah berulang kali meyakinkan daerah untuk tidak perlu khawatir terhadap pendanaan. Karena, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan dukungan dana dari pemerintah pusat untuk mencapai program UHC tersebut.

“Kalau untuk dana, daerah lain juga tidak ada dana. Namun karena usaha bersama, sudah 10 kabupaten/kota di Riau mencapai UHC,” ujarnya. 

Karena itu, pihaknya mengimbau kepala daerah di dua kabupaten tersebut untuk berkomitmen dalam menerapkan UHC. Karena dengan penerapan UHC, masyarakat kurang mampu dapat mendapatkan pelayanan kesehatan hanya dengan menunjukkan KTP.

“Komitmen kepala daerah untuk menerapkan UHC penting, karena itu kami berharap komitmen tersebut. Karena masyarakatnya juga yang akan menerima manfaat dari program UHC,” sebutnya. (Mcr)