Nasional

Pemerintah Prediksi 123 Juta Orang Mudik Lebaran, Pariwisata akan Terdongkrak 25 Persen

RIAULINK.COM - Pemerintah memprediksi jumlah kunjungan wisata selama momentum libur Lebaran 2023 naik hingga 25%.

"Diprediksi jumlah kunjungan ke destinasi wisata selama momentum libur Lebaran tumbuh sebesar 25 persen. Dari kacamata pariwisata, pergerakan masyarakat yang diprediksi mencapai 123,8 juta orang pada libur lebaran tahun ini juga akan mendorong kunjungan ke sejumlah destinasi wisata," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, dikutip dari Antara, Sabtu (8/4/2023).

Selain destinasi wisata, transportasi, dan akomodasi, faktor makan dan minum juga akan menjadi pengeluaran terbesar wisatawan selama libur lebaran. Perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) ditaksir mencapai Rp100 triliun-Rp150 triliun.

Agar pergerakan wisatawan berjalan dengan nyaman dan aman pihaknya akan memastikan ketersediaan transportasi resmi, kesiapan tempat peristirahatan hingga pelayanan di lokasi wisata.

“Kemenparekraf pun terus memastikan ketersediaan transportasi resmi, kesiapan tempat peristirahatan untuk pengemudi, protokol kesehatan, pelayanan dan pengamanan bagi wisatawan.” ujarnya.

Angela berharap momentum libur Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar pagi para pemudik.

"Semoga mudik Lebaran tahun ini berjalan dengan lancar dan membawa kebahagiaan bagi kita semua," ujar Wamenparekraf.