Kesehatan

Diskes Riau Belum Terima Laporan Ada Warga Terjangkit Flu Burung

Ilustrasi.net

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pasca ditemukannya unggas yang positif flu burung di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Kota Kampar, Kabupaten Kampar. Hingga saat ini Dinas Kesehatan (Diskes) Riau belum menerima laporan adanya manusia atau masyarakat Riau yang terjangkit flu burung.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin mengatakan, pasca adanya temuan unggas yang positif flu burung di Kampar tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Riau. Tujuannya untuk melakukan upaya koordinasi pencegahan penyebaran virus tersebut.

"Sampai saat ini kami belum dapat laporan ada masyarakat Riau yang terjangkit flu burung. Kami juga sedang berkoordinasi dengan pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau," kata Zainal, Minggu (26/3/2023). 

Lebih lanjut dikatakannya, terkait virus flu burung, pihaknya sudah menerima surat edaran kewaspadaan terkait kasus flu burung dari Kementerian kesehatan (Kemenkes). Hal tersebut menindaklanjuti adanya kasus flu burung pada manusia di Kamboja.

"Kami sudah menerima surat edaran dari Kemenkes, kami diminta untuk mengingatkan Dinas Kesehatan kabupaten/kota agar mengambil langkah-langkah pencegahan," ujar Zainal. 

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan surat edaran dari Kemenkes RI, seluruh institusi diminta untuk saling berkoordinasi untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran flu burung pada manusia.

"Pemda juga diminta untuk menyiapkan fasilitas kesehatan dan kapasitas labkesmas sebagai upaya pemeriksaan sampel dari kasus gejala flu burung dan penatalaksanaan kasus suspek flu burung sesuai pedoman yang berlaku," ujarnya.