Kesehatan

Pengurus IDI Siak Resmi Dilantik, dr Hendry Optimis Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

SIAK, RIAULINK.COM - dr. Hendry adi Saputra M.Ked (OG), Sp.OG, kembali terpilih memimpin Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Siak, periode 2022-2025 mendatang.

Bersama 68 pengurus IDI cabang Siak, dr. Hendry dilantik oleh Ketua IDI Wilayah Riau, dr. Zul Asdi, Sp.B,M.Kes, MH, yang disaksikan langsung oleh Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, yang didampingi oleh Wakil Bupati Siak H. Husni Merza, BBA, MM, Plt Kepala Dinas Kesehatan Budi Yuwono, Kepala RSUD Tengku Rafi'an Siak, dr. H. Benny Chairuddin, Sp.An., M.Kes, Mars, MAP, kepala puskesmas se Kabupaten Siak, dan pengurus IDI dari berbagai kabupaten Kota se Riau, di Gedung Tengku Mahratu Siak, Kamis 2 Februari 2023. 

Hendry mengungkapkan rasa syukur dan berterimakasih kepada teman sejawat sesama profesinya karena masih mempercayai dan mengamanahkan IDI Siak untuk ia pimpin.

Usai dilantik, kepada media Hendry menyampaikan, ada dua target yang menjadi perhatian kepengurusa IDI Siak saat ini. Pertama IDI menjadi fasilitator dalam memberikan perlindungan hukum bagi teman sejawat dokter agar nyaman bekerja. Kedua memberikan pelayanan kesehatan yang tidak berbelit, bermutu, dan berkualitas kepada masyarakat.

"Kami meminta kepada teman sejawat dokter untuk mengetahui undang-undang yang mengatur tugas profesi. Sehingga itu menjadi solusi dalam permasalahan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," cakapnya.

Kemudian Handry menegaskan IDI cabang Siak akan terus membangun sinergi dan berkolaborasi terkait program kesehatan dengan Pemkab Siak. IDI Siak mendukung penuh semua program kesehatan terutama meningkatkan pelayanan.

"Saya sangat berharap agar pengurus yang baru dilantik ini selalu kompak, solid dan dukung program kesehatan yang dibuat pemerintah," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Siak Alfedri mengucapkan selamat dan tahniah kepada pengurus IDI Siak yang telah dilantik. Iapun berharap para pengurus dapat menjalankan amanah yang telah diberikan dengan baik.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan selamat tahniah kepada seluruh Pengurus Cabang IDI Kabupaten Siak dan ketua yang baru dilantik, semoga bisa menjalankan amanah dengan baik," ucapnya.

Bupati Alfedri juga mengatakan IDI bisa memberikan saran-saran dan masukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda). Kemudian IDI juga dapat meningkatkan kualitas program-program kerjanya, sehingga pelayanan kesehatan di negeri Istana semakin baik.

"Kami harap IDI bisa memberikan masukan dan saran-saran kepada Pemda yang nantinya akan bekerjasama dan berkolaborasi. Kami juga berharap IDI dapat meningkatkan kualitas program-program kerjanya, sehingga pelayanan kesehatan semakin baik," ujarnya.

Lanjutnya, Bupati Alfedri menerangkan bahwa seluruh program yang dilaksanakan pemerintah berawal dari kesehatan yang menjadi poin penting. Seperti dalam menuntaskan kemiskinan, masyarakat harus sehat supaya menjadi cerdas dan  meningkatkan taraf ekonomi dalam kehidupannya.

Sementara itu, Ketua IDI Provinsi Riau dr. Zul Asdi, Sp.B,M.Kes, MH, mengatakan IDI Siak harus hadir dan tanggap dengan permasalahan kesehatan yang ada di daerahnya, dengan melakukan sosialisasi di masyarakat, beri pemahaman kepada masyarakat tentang gejala dan gangguan-gangguan kesehatan lainnya, seperti contoh pencegahan stunting.

"IDI Siak merupakan Mitra pemerintah, kami harap bisa bersinergi membantu program pemerintah, Seperti halnya dalam upaya TBC secara nasional, masalah stunting, dan pola hidup sehat, ada 280 dokter bekerja di Siak ini, untuk kedepannya harus ada penambahan dokter-dokter spesialis di Siak ini, IDI siap mendukung peningkatan pendidikan spesialis," tegasnya.

Usai kegiatan pelantikan itu, dilanjutkan dengan kegiatan seminar ilmiah, dengan menghadirkan narasumber Keynote Speaker, dr. Benny Chairuddin, Sp.An, M.Kes, MARS, MAP (Dewan Pakar IDI Wilayah Riau/Dewan Pertimbangan IDI Cabang Siak), dr. Syarifah Hidayah Fatriah, Sp.FM (MKEK IDI Wilayah Riau), dr. Seno Purnomo, MH (Ketua Badan Data dan Informasi Pengurus Besar IDI) dan dr. Hasriza Eka Putra, M.Sc, Sp.A (Penanggungjawab Program Penurunan Stunting IDAI Riau/Anggota IDI Cabang Siak).