Lingkungan

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang akan Mengguyur Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Meteorologi, Kalimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merilis data prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Senin (9/1/2023). 

Dilaporkan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau.

"Hujan akan mulai mengguyur Riau pada siang hari dan akan berlangsung hingga dini hari. Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Mia Vadilla mengatakan. 

Disampaikan dia, siang hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Rokan Hilir, Siak, dan Kota Pekanbaru.

Lalu, sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di  sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, dan Kota Dumai. 

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Rokan Hulu," ucapnya. 

Mia mengimbau agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. 

Kondisi itu dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Pelalawan, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai pada sore dan malam hari. 

Lebih lanjut dijelaskan, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan Udara 55 – 98 %. Semangat arah angin berhembus ke Barat – Utara dengan kecepatan 10 - 40 Km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," tandasnya.