Kesehatan

Jaga Kesehatanmu, 11 Gejala Jantung Bermasalah yang Kerap Diabaikan

Ilustrasi.int

RIAULINK.COM - Jika ada yang tidak beres dengan jantung Anda, maukah Anda mengetahuinya?

Tidak semua masalah jantung datang dengan tanda - tanda peringatan yang jelas.

Tidak seperti di film,  yang memegang dada lalu jatuh ke lantai. Beberapa gejala jantung bahkan tidak terjadi di dada, dan tidak mudah orang mengatakan apa yang sedang terjadi.

"Jika Anda tidak yakin, periksalah," kata Charles Chambers, MD, direktur Laboratorium Kateterisasi jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute.

Itu terutama benar jika Anda berusia 60 tahun atau lebih, kelebihan berat badan, atau menderita diabetes, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi, kata Vincent Bufalino, MD, juru bicara American Heart Association.

"Semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki," katanya, "semakin Anda harus khawatir tentang apa pun yang mungkin terkait dengan jantung,” lanjutnya, seperti dilansir dari Webmd.

Berikut ini 11 gejala jantung Anda bermasalah. Jangan abaikan ini!

Ketidaknyamanan di dada

Ini adalah tanda bahaya jantung yang paling umum. Jika Anda memiliki arteri yang tersumbat atau mengalami serangan jantung, Anda mungkin merasakan sakit, sesak, atau tekanan di dada.

"Setiap orang memiliki kata yang berbeda untuk perasaan itu," kata Chambers. "Beberapa orang mengatakan itu seperti gajah yang duduk di atas mereka. Orang lain mengatakan itu seperti dicubit atau dibakar."

Perasaan itu biasanya berlangsung lebih dari beberapa menit. Ini bisa terjadi ketika Anda sedang istirahat atau ketika Anda melakukan aktivitas fisik.

Jika itu hanya rasa sakit yang sangat singkat - atau jika itu adalah tempat yang lebih sakit ketika Anda menyentuh atau mendorongnya - itu mungkin bukan jantung Anda, kata Chambers.

Anda harus memeriksakannya ke dokter. Jika gejalanya lebih parah dan tidak hilang setelah beberapa menit, segera hubungi ruang gawat darurat.

Juga, ingatlah bahwa Anda dapat memiliki masalah jantung - bahkan serangan jantung - tanpa nyeri dada. Itu sangat umum di kalangan wanita.

Mual, gangguan pencernaan, mulas, atau sakit perut

Beberapa orang memiliki gejala-gejala ini selama serangan jantung. Mereka bahkan mungkin muntah, kata Chambers. Wanita lebih cenderung melaporkan gejala jenis ini daripada pria.

Namun bisa saja Anda mengalami sakit perut karena berbagai alasan yang tidak ada hubungannya dengan jantung. Bisa saja karena sesuatu yang Anda makan. Tetapi ini juga bisa terjadi selama serangan jantung.

Jadi, jika memang berisiko masalah jantung, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Nyeri yang menyebar ke lengan

Gejala serangan jantung klasik lainnya adalah nyeri yang menjalar di sisi kiri tubuh.

"Hampir selalu dimulai dari dada dan bergerak ke luar," kata Chambers. "Tetapi saya memiliki beberapa pasien yang sebagian besar mengalami nyeri lengan yang ternyata merupakan serangan jantung."

Merasa pusing atau sakit kepala

Banyak hal yang dapat membuat Anda kehilangan keseimbangan atau pingsan sesaat. Mungkin Anda tidak punya cukup makanan atau minuman, atau berdiri terlalu cepat dari duduk atau tidur.

Tetapi jika tiba-tiba merasa tidak stabil dan dada terasa tidak nyaman atau sesak, segera hubungi dokter.

"Ini bisa berarti tekanan darah Anda turun karena jantung Anda tidak mampu memompa seperti seharusnya," kata Bufalino.

Sakit tenggorokan atau rahang

Sakit tenggorokan atau rahang mungkin tidak berhubungan dengan jantung. Kemungkinan besar, itu disebabkan oleh masalah otot, pilek, atau masalah sinus.

Tetapi jika memiliki rasa sakit atau tekanan di tengah dada Anda yang menyebar ke tenggorokan atau rahang, itu bisa menjadi tanda serangan jantung.

Mudah lelah

Jika Anda tiba-tiba merasa lelah lelah setelah melakukan sesuatu, namun tidak memiliki masalah ketika melakukannya di masa lalu, seperti menaiki tangga atau membawa bahan makanan dari mobil, sebaiknya segera buat janji dengan dokter Anda.

“Perubahan signifikan ini lebih penting bagi kami daripada setiap rasa sakit dan rasa sakit yang mungkin Anda rasakan," kata Bufalino.

Kelelahan yang ekstrem atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, dapat menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita.

Mendengkur

Normal-normal saja jika sedikit mendengkur saat tidur sebentar. Tetapi jika mendengkur luar biasa keras yang terdengar sepergi megap-megap atau tersedak, bisa jadi tanda sleep apnea.

Saat ini Anda berhenti napas singkat beberapa kali di malam hari saat tidur. Dan ini memberi tekanan ekstra pada jantung.

Dokter akan memeriksa untuk mengetahui kondisi Anda saat ini.

Berkeringat

Berkeringat dingin tanpa alasan yang jelas bisa menandakan serangan jantung.

Jika ini terjadi berbarengan dengan gejala lain, segeralah ke rumah sakit. Dan jangan coba-coba untuk menyetir sendiri!

Batuk yang tidak berhenti

Pada beberapa kasus, ini bukan pertanda masalah jantung. Tetapi jika Anda berisiko penyakit jantung, berikan perhatian khusus pada kemungkinan itu.

Jika menderita batuk lama yang menghasilkan lendir putih atau merah muda, bisa jadi tanda gagal jantung.

Ini terjadi karena jantung tidak dapat mengikuti tuntutan tubuh, menyebabkan darah bocor kembali ke paru-paru.

Kaki, jari kaki, dan pergelangan kaki membengkak

Ini bisa menjadi pertanda bahwa jantung Anda tidak memompa darah seefektif seharusnya.

Ketika jantung tidak bisa memompa cukup cepat, darah kembali di pembuluh darah dan menyebabkan bengkak.

Gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak air dan natrium dari tubuh, yang dapat menyebabkan bengkak.

Detak jantung tidak teratur

Normal saja bagi jantung dalam berpacu ketika kita gugup atau bersemangat atau denyut jantung melompat atau bertambah sesekali.

Tetapi, jika merasa jantung Anda berdetak lebih cepat beberapa detik, dan sering terjadi, segera beritahu dokter.

Pada beberapa kasus, ini bisa terjadi juga karena terlalu banyak kafein atau kurang tidur.

Tetapi, jika kondisi yang disebut atrial fibrilasi, maka dibutuhkan perawatan. Mintalah dokter untuk memeriksanya.

Jika Anda peduli pada tubuh Anda sendiri, jangan abaikan gejala-gejala jantung bermsalah tadi.