Kesehatan

Diskes Riau Bakal Segera Aktifkan Rumah dan Gerai Vaksinasi

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemprov Riau memungkinkan akan mengaktifkan kembali rumah vaksin 24 jam hingga gerai-gerai vaksinasi yang sebelumnya sudah dibuat.

Hal ini dalam rangka mempercepat upaya capaian vaksinasi booster Covid-19.

Langkah ini diambil dalam rangka menekan lajunya penyebaran subvarian baru omicron covid-19 yang kini mulai menjangkiti warga di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin mengungkapkan, sejauh ini sudah ada arahan dari Gubernur Riau Syamsuar untuk mengaktifkan kembali rumah vaksin 24 jam dan gerai-gerai vaksinasi. 

“Termasuk menghidupkan kembali posko vaksinasi di mal dan pusat perbelanjaan, khususnya di Kota Pekanbaru. Sekarang masih dalam proses, kami harapkan sesegera mungkin,” tuturnya Kamis (16/6/2022).

Dia menambahkan, setelah tempat-tempat vaksinasi tersebut diaktifkan, maka prioritas utama penyuntikan adalah vaksinasi booster. 

Mengingat capaian vaksinasi booster di Riau masih tergolong rendah. Hal ini sesuai dengan arahan yang sebelumnya telah disampaikan oleh Gubernur Riau.

Sebagaimana dilaporkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau, hingga 15 Juni 2022, capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis I sudah 99,10%. Sedangkan untuk dosis II sebanyak 79,54%, dan vaksinasi booster di angka 18,54%.