Lifestyle

7 Tips Memilih Sepatu yang Nyaman Dipakai Sehari-hari

Foto: pixabay.com/id/

RIAULINK.COM - Sama dengan fashion item lainnya, memilih sepatu tidak boleh sembarangan. Terutama dalam memilih ukuran. Jika sepatu yang Anda beli kekecilan, resikonya kaki Anda bisa lecet. Kalau kebesaran? Tentu dapat menyulitkan Anda ketika melangkah. 

Kaki merupakan penopang tubuh. Jadi harus dijaga. Menggunakan sepatu yang ukurannya lebih kecil tak hanya membuat kaki lecet, loh. Dalam jangka panjang, hal tersebut bisa mengganggu syaraf tulang belakang Anda. Akibatnya Anda akan mengalami nyeri pada lutut dan otot pinggang atau punggung. Fatal sekali,  bukan?

Karena itu, ketahui tips memilih sepatu yang tepat agar Anda bisa menemukan sepatu yang nyaman untuk dipakai.

Cara Memilih Sepatu yang Tepat Agar Kaki tidak Bermasalah

Ada banyak akibat jika Anda memilih sepatu yang tidak tepat. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk olahraga. Jadi, sebelum membeli sepatu, sebaiknya Anda memperhatikan tips memilih sepatu di bawah ini!

1. Membeli Sepatu di Siang Hari

Tidak banyak yang tahu tips memilih sepatu yang pertama ini. Ukuran kaki di siang hari dan malam hari ternyata bisa berbeda, meski sedikit. Di siang hari, ukuran kaki manusia sedikit lebih lebar dan panjang. 

Itulah sebabnya, ketika Anda membeli sepatu di malam hari hal ini bisa saja terjadi. Anda merasa sudah membeli sepatu dengan ukuran yang pas di kaki. Tetapi saat Anda mencobanya di rumah keesokan harinya. Eh, sepatu yang Anda beli malah terasa kekecilan. Jadi, mulai sekarang sebaiknya Anda membeli sepatu di siang hari saja ya.

2. Sesuaikan Sepatu dengan Aktivitas

Setiap aktivitas memerlukan sepatu yang tepat. Sepatu untuk bermain bola tentu berbeda dengan sepatu untuk jogging, naik gunung, santai, dan ke pesta. Untuk itu disarankan, belilah sepatu sesuai kebutuhan, bukan asal trendy. Sayang ‘kan jika sepatu jadinya tidak terpakai karena tidak tepat guna. Sehingga akhirnya hanya dijadikan pajangan di lemari saja. 

3. Mengukur Sepatu dengan Tepat

Menentukan ukuran sepatu yang pas untuk kaki memang susah-susah gampang. Karena itu, perhatikan tips memilih ukuran sepatu berikut ya. 

Saat pergi ke toko sepatu, jangan lupa memakai atau membawa kaos kaki. Ukuran kaki dengan atau tanpa kaos kaki akan berbeda. So, gunakan kaos kaki ketika mencoba sepatu yang hendak Anda beli.
Selain menggunakan kaos kaki. Ketika mencoba sepatu, gerakkan ujung jari kaki atau sisakan 1 jari di bagian depan saat mengukur. Kemudian, bawalah melangkah beberapa kali. Ada sepatu yang pas ukurannya, tetapi ternyata tidak nyaman saat dipakai berjalan.

4. Memperhatikan Kondisi Sepatu

Sudah mendapatkan sepatu yang nyaman untuk kaki? Kalau iya, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan kondisi sepatu. Apakah bahannya nyaman dan bagian bawahnya empuk?

Bahan sepatu yang terlalu keras dapat menyebabkan kulit bergesek dan lecet. Sementara itu, bagian bawah sepatu yang demikian juga membuat Anda harus mengeluarkan tenaga lebih besar waktu melangkah.

5. Menyesuaikan Hak Sepatu

Hak sepatu yang tinggi disinyalir beberapa ahli kesehatan menjadi penyebab nyeri di punggung dan pinggang. Untuk Anda yang beraktivitas tinggi setiap hari. Cukup menggunakan sepatu dengan hak yang tingginya 2,5 cm. Anda bisa memakai yang tinggi dan lancip pada saat-saat tertentu saja. Seperti menghadiri pesta atau acara formal lain.

Membeli Sepatu Secara Online di BliBli

Saat ini banyak orang yang suka berbelanja secara online. Salah satunya tentu saja Anda, bukan? Lantas kalau belanjanya sepatu, bagaimana? Membeli sepatu secara daring, Anda tidak mungkin mencoba dan memastikan kondisi dan merk.

Jangan khawatir, di sini ada solusinya! Anda tetap bisa membeli sepatu secara online dengan memperhatikan tips membeli sepatu online berikut.

Pertama, Anda harus memastikan dan mencari tahu sepatu akan digunakan untuk aktivitas apa. Kedua, mencari merek berkualitas sesuai jenis sepatu yang Anda butuhkan. Ketiga, mengukur sepatu yang akan dibeli. Caranya dengan mengukur kaki dari tumit sampai ujung jari jempol secara mendatar di atas lantai menggunakan meteran atau penggaris. Lebihkan sekitar 1 cm atau satu jari. Jangan lupa lakukan di siang hari, ya! Nah, cara terakhir atau cara keempat, yakni menentukan toko online. Memilih toko online mungkin sulit bagi Anda yang belum berpengalaman. Agar belanja online terasa nyaman dan aman, sarannya belanjalah di Blibli.

Mengapa? Blibli merupakan marketplace  dengan pelayanan terbaik. Produk yang dijual dijamin asli alias original. Anda juga bisa bertanya apa saja terkait detail produk ke seller atau customer service sebelum membeli. Mereka pasti akan memberikan  pelayanan yang ramah. 

Khusus sepatu, Anda dapat menemukan sepatu dengan berbagai merk dan model di Blibli. Sehingga proses memilih sepatu akan lebih mudah.

Bagi Anda yang menginginkan sepatu untuk kebutuhan sehari-hari seperti kuliah, bekerja, dan jalan-jalan. Sepatu converse direkomendasikan sebagai pilihan terbaik. Khususnya bagi Anda pecinta sepatu sneakers. 

Di luar sana, banyak yang penasaran. Bagaimana cara memilih sneaker yang bagus? Jawabannya sih simpel. Beli saja sepatu converse!

Converse sendiri menyediakan banyak pilihan sepatu dengan model trendy. Bahannya pun bagus dan pastinya nyaman saat dipakai. Soal harga? Tentu tak perlu Anda ragukan. Harga sepatu converse sangat terjangkau. 

Nah, beli sepatu secara online tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan? Apalagi untuk membeli sepatu Converse. Beli saja di Blibli, salah satu marketplace besar di Indonesia yang memberi jaminan kualitas dan produk sampai ke rumah dengan selamat!  Yang penting, praktikkan tips memilih sepatu di atas saat berbelanja agar sepatu yang dibeli nyaman dipakai dan tidak mengganggu kesehatan tulang dan otot.