Kesehatan

Ini Jenis Vaksin Booster yang Digunakan di Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah saat ini telah melaksanakan program vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi lansia dan kelompok rentan lainnya. Untuk di Riau, ada tiga jenis vaksin booster yang digunakan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Riau, Masrul Kasmy melalui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, dr Siska mengatakan, khusus untuk di Riau ada tiga jenis merk vaksin yang digunakan. Yakni Pfizer, Moderna dan Astrazeneca.

"Bagi lansia dan kelompok rentan lainnya yang sudah mendapatkan vaksin pertama dan kedua dengan merk Sinovac, maka vaksinasi booster nya boleh menggunakan Pfizer dan Astrazeneca," kata dr Siska, Kamis (20/1/2022).

Namun, lanjut dr Siska, jika pada vaksin pertama dan kedua mendapatkan jenis Astrazeneca, maka untuk vaksin booster nya akan diberikan jenis Moderna. 

"Kalau masyarakat tersebut mendapatkan vaksinasi Pfizer, untuk booster nya belum bisa diberikan Moderna. Karena batas akhir setelah enam bulan," ujarnya.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan pada bulan Februari mendatang vaksinasi booster menggunakan Moderna sudah bisa dilaksanakan Riau. Pasalnya, pelaksanaan vaksinasi Moderna di Riau dimulai Agustus 2021 lalu.

"Jadi kalau bulan Februari besok sudah enam bulan, kemungkinan sudah bisa dilakukan vaksinasi booster merk Moderna," katanya.