Kesehatan

Inhu Kekurangan Oksigen, Relawan Peduli Kirim 17 Tabung ke RSUD Rengat

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sebanyak 17 tabung oksigen milik Relawan Peduli Covid-19 Riau dikirimkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Pengiriman dilakukan Senin (9/8/2021) sore dan langsung mendapatkan pengawalan dari mobil Patwal Polda Riau.

Kapolda Riau Agung Setya Imam Effendi saat meninjau Posko Tabung Oksigen Senin (9/8/2021) sore mengatakan, pihaknya bersama Relawan Peduli Covid-19 Riau mengirimkan 17 tabung oksigen ke Rengat untuk membantu pasien Covid-19.

"Kita mendapatkan informasi RS Rengat kekurangan oksigen. Kita bergerak cepat dengan mengirimkan tabung oksigen beserta isinya. Hari ini juga langsung kita antar ke Rengat," ujar Kapolda.

Nantinya, lanjut Kapolda, tabung oksigen yang kosong di RS Rengat dibawa ke Pekanbaru untuk diisi dan kembali dibawa ke Rengat.

"Kita akan terus pantau perkembangan kebutuhan oksigen dan bersama Relawan Peduli Covid-19 Riau bahu-membahu dan bergotong royong untuk bisa menolong saudara kita yang membutuhkan," cakap Kapolda.

Sementara itu, Penasehat Relawan Peduli Covid-19 Riau, Toni Lim mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Riau yang telah berkunjung ke posko tabung oksigen Relawan Peduli Covid-19.

Selain mengirim ke Rengat, lanjutnya, sekitar 40-an tabung telah dipinjamkan ke pasien Covid-19 di Pekanbaru yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) di rumah.

"Terdapat 120 tabung oksigen. Kita lihat situasi untuk penambahan tabung oksigen. Saat ini, tabung oksigen memang susah didapatkan, Relawan Peduli tetap berusaha menambah tabung oksigen jika dibutuhkan," ungkapnya.

Ketua Pelaksana Relawan Peduli Covid-19 Riau Dirmanto Chang menambahkan saat ini 17 tabung oksigen dari Relawan Peduli Covid 19 Riau sudah sampai di Rengat.

"Tadi malam 17 Tabung oksigen yang dikirim ke Rengat sudah sampai di RSUD Rengat dan telah diterima oleh Plh direktur RSUD Rengat Bapak Sepriadi," ujar Dirmanto, Selasa (10/8/2021).

"Bantuan ini atas permintaan Kapolda bersifat urgent karena dalam hitungan 4 jam RSUD Rengat akan kekurangan oksigen," imbuhnya.