Opini

Kasus Fraud dan Penyelewengan Aset Meningkat Ditengah Pandemi Covid-19

Ilustrasi.net

Di masa pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang sedang berjuang mempertahankan keberlangsungan usaha dan operasional perusahaan.  Namun pada saat pandemi ini juga, pimpinan dari berbagai perusahaan menilai kejadian fraud dan penyelewengan aset semakin meningkat. 

Adapun berbagai bentuk penyelewengan aset terjadi mulai dari pencurian uang tunai, penyelewengan kuitansi kas, kecurangan saat pencairan, penyalahgunaan inventori aset perusahaan. Ancaman risiko fraud ini terjadi melalui serangan siber seiring dengan intensifnya menggunakan teknologi informasi saat Work From Home.

Selama masa pandemi covid-19 ini seluruh aktifitas dilakukan dari rumah saja, tidak menutup kemungkinan untuk beberapa pegawai atau karyawan melakukan fraud atau kecurangan demi memenuhi kepentingan mereka sendiri. 

Dampak terbesar dari masa pandemi ini adalah terganggu nya masalah ekonomi bagi seluruh masyarakat, sehingga itu juga merupakan suatu pemicu untuk mereka melakukan fraud, dalam kasus seperti ini perusahaan harus mampu untuk mempertahankan berjalannya kegiatan usaha.perusahaan harus mampu untuk memilah tenaga pekerja yang memang dibutuhkan oleh perusahaan, untuk membantu perusahaan agar tetap dapat berjalan seperti biasanya.

Penulis : Sania Yudisti & Mega Anjelina  
Dosen Pembimbing : Bapak Agustiawan, SE.,M.Sc., Ak

(Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau)