Kesehatan

Jenis Sayuran yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

RIAULINK.com - Untuk mengatasi masalah penyakit asam urat serta mencegahnya kambuh kembali, maka hal yang perlu Anda lakukan selain mengonsumsi obat-obatan adalah menjaga pola makan.

Jaga pola makan, jangan sampai mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi. Beberapa jenis sayuran juga ada yang masuk ke dalam makanan yang mengandung zat purin tinggi, sehingga penderita asam urat harus selektif dalam memilih sayuran yang aman dikonsumsi.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang tidak mengandung zat purin tinggi yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Simak ulasannya berikut ini.

Kubis

Sayuran pertama yang tidak mengandung zat purin adalah kubis. Sayuran yang satu ini seringkali digunakan dalam beberapa masakan seperti rawon, sop dan lalapan. Kubis menjadi salah satu jenis sayuran yang memiliki sifat diuretik.

Sifat inilah yang bisa membantu kelancaran proses ekskresi asam urat didalam tubuh. Sehingga kadarnya tetap bisa terjaga dengan baik. Meski aman, kubis mempunyai efek samping yaitu bisa memicu gas di lambung dan bisa menyebabkan kembung. Sehingga Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi kubis secara berlebihan.

Mentimun

Hingga saat ini, mentimun dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang bagus untuk kesehatan dan bahkan populer dijadikan sebagai infus water. Diketahui, mentimun juga tidak mengandung zat purin tinggi sehingga aman bagi penderita asam urat.

Jenis sayuran ini dipercaya sebagai bahan detoksifikasi yang bisa membantu mengeluarkan kadar asam urat berlebih di dalam darah.

Jamur

Jamur adalah jenis sayuran yang belakangan ini populer diolah dalam berbagai masakan, yaitu salah satunya menjadi jamur crispy. Jamur mengandung karbohidrat, protein dan senyawa bermanfaat lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh dan termasuk jenis sayuran yang tidak mengandung purin.

Karena tidak mengandung purin, sehingga jamur bisa menjadi jenis sayuran yang cukup aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Bayam

Mungkin bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang mengandung purin dalam jumlah kecil. Tapi, menurut beberapa ahli kesehatan, kandungan purin yang kecil pada bayam tidak akan memberi pengaruh bagi kadar asam urat dalam darah.

Jadi, bayam bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat tanpa perlu khawatir akan menyebabkan terjadinya serangan asam urat.

Itulah beberapa jenis sayuran yang tidak mengandung zat purin tinggi dan aman dikonsumsi oleh para penderita asam urat tanpa khawatir adanya peningkatan kadar asam urat atau kambuhnya gejala penyakit asam urat didalam tubuh.

Selain aman dikonsumsi, sejumlah sayuran tersebut juga mempunyai manfaat dalam menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.