Opini

Peran Penting Pemimpin dalam Dunia Pendidikan

Pemimpin merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu memberikan contoh dan arahan terbaik untuk di masa sekarang dan yang akan datang. 

Apalagi kepala sekolah dalam dunia pendidikan, Kepala sekolah yang baik akan memberikan contoh yang baik kepada seluruh warga sekolah. Warga sekolah mencakup kepala sekolah dengan guru, guru dengan guru, guru dengan orang tua, guru dengan siswa, siswa dengan siswa, penjaga sekolah dengan sekolah. 

Semua perlu adanya interaksi yang baik kepada warga sekolah, yang mana akan di pandu oleh pemimpin yaitu kepala sekolah.

Kepala sekolah akan selalu  memandu kepada guru untuk menyampaikan dan memberikan contoh yang baik kepada siswa siswinya agar selalu menaati peraturan yang telah ada di sekolah baik itu selalu menjaga kebersihan, selalu hidup sehat dan menaati protokol kesehatan agar terhindar dari penyakit, mengumpulkan tugas dengan tepat waktu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Peraturan yang ada guna untuk selalu saling mengingatkan, guna untuk dimasa sekarang dan yang akan datang. Jika peraturan yang ada di sekolah sudah serempak untuk saling menaati peraturan yang kepala sekolah sampaikan. Maka sekolah tersebut termasuk sekolah yang tertib dan bagus sekali dan menjadi sekolah yang favorit.

Sekolah yang favorit akan memicu dan menarik perhatian kepada masyarakat agar anak-anak ataupun keluarganya  untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah agar mendapatkan pendidikan yang bagus. 

Apalagi di lengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap, serta pemimpin yang bijaksana dan guru guru yang profesional, sehingga bisa mendidik anak tersebut ke arah yang lebih bagus, bisa berfikir aktif, kreatif, dan inovatif dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat baik itu dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang. Keadaan sekolah yang seperti inilah yang bagus sekali, berkat pemimpin yang baik dan guru-guru yang profesional yang telah memberikan pendidikan yang bagus demi kepentingan sekarang dan yang akan datang.

Penulis : Dwi Lestari, Eka Novitasari, Saski anggreta Fauzi 

(Mahasiswa semester 6 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau)