Kesehatan

Sugiyanto Apresiasi Kinerja Pemdes Kelapa Patih Jaya Terkait Pelaksanaan Vaksinasi

INHIL, RIAULINK.COM - Tekan penyebaran Covid-19 Pemerintah Desa Kelapa Patih Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong Kabupaten Indragiri Hilir ( Inhil) melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat lanjut usia (lansia) dan petugas pelayanan publik Tahap I (Pertama) , Sabtu (5/6/2021 ).

Ketika dikonfirmasi awak media Kepala Desa Kelapa Patih Jaya Kecamatan Teluk Belengkong Iswahyudi menjelaskan, Petugas dalam pelaksanaan kegiatan ini di pandu langsung oleh tenaga kesehatan dari puskesmas kecamatan teluk Belengkong, Kabupaten Indragiri Hilir, yang bertempat di balai Desa Kelapa Patih Jaya, adapun jumlah peserta yang mengikuti Vaksinasi tersebut berjumlah 138 orang.

Kades menambahkan adapun beberapa tahapan prosedur yang dilakukan untuk mengikuti kegiatan ini :
1. Validasi data dan pendaftaran, dalam tahap ini setiap peserta yang akan melakukan vaksinasi harus mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan data orang tersebut.

2. Pemeriksaan dan skrinning, dalam tahap ini setiap peserta yang akan melakukan vaksinasi harus melakukan pemeriksaan suhu badan, tekanan darah, kadar gula dalam tubuh, kolestrol, dan asam urat.

3. Vaksinasi, dalam tahap ini setiap peserta yang telah lolos dari pemeriksaan dan skrinning diperbolehkan untuk melakukan vaksinasi.

4. Observasi dan pencatatan, dimana dalam tahap ini setiap peserta yang telah selesai di vaksinasi akan bersitirahat selama 30 menit dan melaporkan bahwa peserta tersebut telah di vaksinasi dan menuliskan nama dalam list peserta yang telah selesai di vaksinasi.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Kades bersama relawan Desa Kelapa Patih Jaya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan dan Petugas Kesehatan Puskesmas Teluk Belengkong, karena sudah membantu pelaksanaan Vaksinasi di Desa kami.

Kita juga menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes ) walaupun sudah di vaksin tutup kades.

Sementara itu Camat Teluk Belengkong Sugiyanto sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa Kelapa Patih Jaya dan tim relawan terkait pelaksanaan vaksinasi di Desa Kelapa Patih Jaya.

Sugiyanto mengatakan pelaksanaan vaksinasi yang berada di bawah kendali Petugas Kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Teluk Belengkong  sudah berjalan dengan baik. 

Meskipun demikian, Sugianto mengimbau kepada masyarakat,Lansia dan pelayan publik yang sudah melaksanakan vaksinasi, untuk tetap berhati-hati dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (*)