Kesehatan

Penyebab Usus Buntu dan Gejalanya

Ilustrasi

RIAULINK.com - Radang usus buntu (Apendisitis)  merupakan kondisi medis serius di mana usus buntu, organ kecil berbentuk jari yang melekat pada usus besar, menjadi bengkak dan meradang. Panjang usus buntu, yang bentuknya mirip cacing yang menempel pada bagian awal usus besar adalah sekitar 8,5 cm. Penyebab usus buntu tidak selalu jelas, tapi terkadang bisa disebabkan karena infeksi virus, bakteri, atau jamur yang telah menyebar ke usus buntu yang menyebabkan pembengkakan jaringan apendiks yang menyebabkan apendisitis.

Penyebab usus buntu sendiri memang belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Penyakit usus buntu paling sering disebabkan oleh obstruksi di area dalam usus buntu yang disebut dengan lumen usus buntu. Ada beberapa penyebab usus buntu yang membuat area tersebut tersumbat, misalnya, batu usus buntu, cacing usus atau parasit, iritasi akibat penyakit kronik, adanya benda asing, serta cedera abdomen.

Usus buntu sebenarnya merupakan rumah bagi bakteri yang bermanfaat. Namun, ketika organ ini terinfeksi atau tersumbat, bakteri berkembang biak dengan cepat, menyebabkan usus buntu membengkak dan terisi dengan nanah, cairan kental yang mengandung bakteri, sel-sel jaringan, dan mati saat sel darah putih melawan infeksi.

Oleh sebab itu, penting buat Anda mengetahui penyebab usus buntu dan gejalanya agar bisa menghindari penyakit ini. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, penyebab usus buntu dan gejalanya yang wajib Anda ketahui.