Olahraga

Kevin Sanjaya dan 74 Atlet Berprestasi Baru Tes CPNS Hari Ini

RIAULINK.com - Puluhan atlet Indonesia mengikuti tahapan seleksi penerimaan Calon Pegawaoi Negeri Spil (CPNS) pagi tadi. Berdasarkan laman resmi Sekretariat Kabinet, 75 atlet seperti Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Kevin Sanjaya, mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar berbasis Computse Asissted Test (CAT).

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto mendampingi para atlet. Ia menyatakan ke-75 atlet sebelumnya masih fokus mengikuti kejuaraan internasional. Sehingga, mereka baru bisa mengikuti SKD hari ini. 

Tes gelombang pertama dilaksanakan di Cibubur pada 31 Oktober. Gelombang kedua dilakukan di Kantor Pusat Badan Kepegawaian Negara. 
 

Gatot menyatakan pemerintah mengapresiasi para atlet melalui formasi khusus olahragawan berprestasi internasional karena telah mengharumkan nama Indonesia. Hal ini juga diharapkan memotivasi atlet lainnya untuk berprestasi.

"Atlet lain dan anak muda Indonesia jika menjadi atlet agar tidak tanggung-tanggung menorehkan prestasi internasional karena pemerintah mengapresiasi untuk masa depan," kata Gatot, Rabu (28/11).

Para atlet meski mendapat formasi khusus tetap harus mengikuti tahapan seleksi CPNS 2018 sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 36 Tahun 2018.

Atlet bulutangkis Indonesia, Tontowi Ahmad (Owi) yang menjadi salah satu peserta menyambut baik apresiasi pemerintah kepada para atlet melalui formasi khusus CPNS 2018. Ia menyatakan sempat merasa tegang saat akan mengikuti SKD karena kesehariannya dihabiskan berlatih bulutangkis.

"Saya bisa mengoperasikan aplikasi CAT, tapi jujur lebih sulit soal SKD daripada melawan ganda campuran asal China," kata Owi. 

Selain SKD, para atlet berprestasi juga langsung mengikuti tahapan lain pada seleksi CPNS 2018 yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan wawancara dan juga pemberkasan.

Hal tersebut dilaksanakan karena jadwal kejuaraan internasional para Atlet yang padat sehingga akan lebih sulit jika dilakukan dalam waktu yang berbeda.