Metropolis

Pulau Jemur, Tilan dan Danau Napangga Jadi Unggulan Pariwisata Rohil

ROKANHILIR, RIAULINK COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mengusulkan tiga destinasi wisata andalan daerah yang siap untuk dikembangkan sebagai aset pariwisata ke depan.

“Ya, sesuai dengan izin bupati, terkait dengan dari Kementerian Pariwisata kita sudah usulkan top tri (tiga teratas, red) wisata andalan daerah. Yakni Pulau Jemur, Danau Napangga dan Pulau Tilan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Rohil Ali Asfar SSos MSi.

Pengembangan wisata di tiga destinasi dimaksud akan dikembangkan dengan lebih baik dan maksimal. Baik bersumber dari keuangan daerah maupun melibatkan peran dari pihak ketiga atau kalangan investor.

Seperti pengembangan di Napangga yang semakin lebih baik. Hal itu dikatakan Ali Asfar tidak terlepas dari kontribusi yang dilakukan oleh kalangan swasta atau tokoh masyarakat setempat.

“Selain dari APBD tentunya kita juga berharap ada dari pusat, apakah dana DAK. Alhamdulillah untuk top tri tersebut sudah diajukan ke Kemenpar. Mudah-mudahan dapat,” kata Ali Asfar.

Pengembangan pariwisata, lanjut dia, menjadi salah satu tumpuan penting dari pemerintah daerah pada saat ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Berbagai sektor terus digali dan berpeluang menjanjikan termasuk dari pariwisata tersebut. 

Selama ini memang diakuinya masih rendahnya kunjungan wisata disebabkan belum adanya wisata yang mempuni dan dikelola berkesinambungan. Hanya saja selama ini kunjungan berasal dari wisata musiman seperti Bakar Tongkang, Atuh Koambai dan Cap Go Meh.

"Kita kan mengharapkan adanya rutinitas wisata yang datang seperti di daerah jawa dan daerah Sumbar sana," pungkas Ali Asfar.(dgt)