Lingkungan

Cegah Potensi Karhutla, Kodim 0320 Dumai Dorong Warga Manfaatkan Lahan Tidur

DUMAI, RIAULINK.COM - Komando Distrik Militer 0320/Dumai mendorong masyarakat untuk melakukan program kewirausahaan seperti pertanian dan perikanan dengan pemanfaatan lahan tidur guna pencegahan potensi kebakaran hutan dan lahan.

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0320/Dumai Kapten (Arh) M Daulay mengatakan hal ini juga sebagai cara lainnya aksi pemadaman api di lapangan. 

“Program ini sekaligus menciptakan sadar lingkungan dan partisipasi masyarakat dalam mencegah kebakaran hutan lahan,”ungkap dia belum lama ini.

Persoalan karhutla merupakan kejadian rutin setiap tahunnya ternyata sudah mampu ditekan secara bertahan, salah satu langkah nyata dengan program kewirausahaan ini, dan berharap ke depan bisa mencegah semaksimal mungkin.

"Kita berharap juga semua pihak terkait dapat berperan aktif membantu pencegahan karhutla ini, dengan pelibatan langsung masyarakat dalam upaya pemanfaatan lahan dan membantu upaya pemadaman," sebutnya.

Untuk program awal, difokuskan pada sektor peternakan dan pertanian, terutama di tiga kecamatan prioritas di Kota Dumai, yaitu Kecamatan Medang Kampai, Sei Sembilan dan Bukit Kapur.

Melalui program kewirausahaan ini, selain meningkatkan perekonomian masyarakat, juga mampu menciptakan agen terdepan dalam upaya mencegah dan mengatasi karhutla.

Sebelumnya, Komandan Kodim 0320 Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak menjelaskan bahwa persoalan penanggulangan bencana kebakaran lahan merupakan tanggung jawab bersama, dan berharap semua pihak bersama-sama mencegah.
 
"Masyarakat dan semua instansi terkait lebih serius dan bergotong royong memberikan sosialiasi dan penyuluhan mengenai bahaya membuka lahan dengan cara dibakar,"ujarnya menutup.(Kll)