Pendidikan

Kukerta di Inuman, Mahasiswa Unri Dapat Masukan Berharga dari 'Pak Polisi'

KUANSING, RIAULINK.COM  - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau melakukan pengabdian di Desa Pasar Inuman. Salah satu program yang ditonjolkan kepada masyarakat adalah dengan melakukan cek kesehatan.

Mahasiswa menggandeng masyarakat yang tinggal di sekitar posko kukerta untuk terlibat dalam mendukung program peningkatan kualitas kesehatan salah satunya lewat pengecekan tensi dan edukasi kesehatan.

Kegiatan dilakukan, Sabtu (13/7/2019) dengan mengunjungi rumah-rumah warga Mahasiswa Unri melakukan cek tensi. "Jarang sekali mahasiswa mau turun tangan melakukan cek kesehatan langsung kerumah warga harapanya semua warga berantusias untuk program kesehatan ini," ujar Jojon, salah seorang warga.

"Penyebab darah rendah dan darah tinggi hampir sama pak, biasanya itu terjadi dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, pola makanan yang tidak teratur dan juga faktor genentik," ujar Aidil, salah seorang mahasiswa Kukerta Unri menjelaskan kepada aparat kepolisian saat disambangi untuk melakukan cek kesehatan.

Oseki Yamasita, salah seorang aparat Polsek Unuman yang ikut dalam cek tensi  mengaku bangga dengan program kesehatan dan senang sekali adanya kegiatan seperti ini.

"Kalau bisa kerjasama dengan puskesmas setempat dan selalu bawa almamater serta harumkan nama univeristas," pesan Oseki.

Kordes Mahasiswa Kukerta, Syarif, menimpali, dilakukan pengecekan tensi dan edukasi kesehatan ini agar masyarakat mengetahui mengenai kesehatan dan selalu perduli dengan diri sendiri dan juga orang lain. "Serta menjaga pola hidup sehat setiap hari," jelasnya.(YM)