Riau

Kasal Resmikan Mako Lanal Dumai 

Dr kiri tampak Danlanal Dumai, Kolonel Laut (P) Karyadi Bangun, (kedua) Gubernur Riau, Syamsuar, (ketiga) KASAL, Laksamana TNI Muhammad Ali dan kanan, Wali Kota Dumai, Paisal saat menekan tombol pelepasan puluhan balon tanda diresmikannya Mako Lanal Duma

DUMAI, RIAULINK.COM - Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Jumat (4/8/2023) sekiranyan pukul 15.45 WIB. 

Berdasarkan pantauan raulink.com di lokasi, bangunan besar dan megah ini dibangun di wilayah perbatasan Lanal Dumai, yang sebelumnya dilakukan renovasi selama delapan bulan dimulai dari April sampai Desember 2022. 

Bangunan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Pemprov Riau yang didesain cukup modern. Dalam rangka membantu perekonomian maritim di wilayah Riau khususnya Dumai.

Hal ini disampaikan oleh Kasal dalam keterangan resminya. Menurutnya, pembagunan ini menjadi salah satu prioritas TNI AL untuk membangun pangkalan dan infrastruktur di seluruh tanah air.

Tak hanya merenovasi Mako Lanal saja, mantan Danlanal Dumai tahun 2011-2012  ini juga merincikan fasilitas lainnya yang turut dibangun seperti gedung serbaguna Wijaya Kusuma, Gedung Jalasenastri, tiang bendera pos jaga depan, gerbang dan pos pantau dua unit, drainase, halaman upacara serta pagar pembatas.

"Selain menambah aset, tentunya bangunan baru ini sebagai penunjang operasional Lanal Dumai dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya,"ucapnya lagi. 

Bagi TNI AL, peran pangkalan sangat strategis karena memiliki tugas 5R yakni rebase (rubah), replenishment (penambahan), repair (memperbaiki), rest  (istirahat) and recreation (rekreasi).dimana bertugas menyelenggarakan dukungan alat tempur, logistik, administrasi maupun dukungan khusus bagi unsur-unsur TNI AL.

Sebagai garda terdepan dalam pertahanan maritim, TNI AL juga memiliki kekhasan tersendiri dalam kekuatan militernya saat melaksanakan operasinya, dikenal dengan komponen sistem senjata armada terpadu (SSAT), yakni Kapal Perang Republik Indonesia (KPI), ppesawat udara, marinir dan pangkalan TNI AL.
Tak lupa pula ia mengucapkan terimakasih serta apresiasinya kepada Pemprov Riau atas hibah bangunan gedung baru Mako Lanal Dumai.

Dirinya pun berharap sinergitas dan kolaborasi dapat terus terjaga dengan baik dalam menciptakan kualitas serta memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan Provinsi Riau.
 
"Saya juga berpesan kepada prajurit untuk dapat meningkatkan peran TNI AL, dan memaksimalkan fungsi administrasi sebagai layaknya sebuah pangkalan," ucap Kasal.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Riau, Syamsuar mengaku bangga, karena mantan Danlanal Dumai itu kini telah menjabat sebagai Kasal. Ucapan selamat datang pun disampaikan kepada Kasal Muhammad Ali.

Menurutnya pemerintah sangat mendukung upaya TNI AL dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang tercantum di dalam UUD 45.

Bentuk dukungan tersebut , Pemprov Riau telah mendanai renovasi Mako Lanal tersebut sebesar Rp34 miliar melalui APBD Riau 2022.

Harapannya, bangunan Mako Lanal Dumai menjadi salah satu icon Kota Dumai dengan kearifan lokal dan ornamen Melayu.

Untuk memaksimalkan kerja TNI AL maka dibutuhkan kantor dan fasilitas yang representatif."Diharapkan dengan gedung baru dan fasilitas baru TNI AL dapat bekerja lebih maksimal baik dalam menegakkan kedaulatan NKRI juga maksimal dalam. pelayanan masyarakat,"sebutnya mengakhiri.

Dilanjutkan dengan penandatanganan batu prasasti oleh Kasal dan Gubri, yang turut didampingi Wako Dumai dan Danlanal Dumai, tanda diresmikannya Mako Lanal Dumai. Dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Ketua Umum Jalasenastri, Ny Fera Muhammad Ali.

Turut hadir kala itu, selain Kasal, Laksamana TNI Muhammad Ali bersama istri, juga Gubernur Riau, Syamsuar, Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI Dany Racka Andalasawan, Wakapolda Riau, Brigjen Pol Kasihan Rahmadi, Wali Kota Dumai, Paisal, Danlanal Dumai, Kolonel Laut (P) Karyadi Bangun, Dandim 0320 Dumai, Letkol (Inf) Antony Tri Wibowo  beserta rombongan jajaran pejabat utama TNI AL.

Kemudian keseluruhan rombongan juga ikut meresmikan renovasi gedung TK Hang Tuah, Jalan Pattimura, Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai.