Metropolis

Bupati Rohil Resmikan SPAM di Bagan Punak Pesisir

ROHIL, RIAULINK.COM - Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP meresmikan Secara langsung SPAM Desa Bagan Punak Pesisir. Kecamatan Bangko, Kegiatan berlangsung di Jalan Pasir Kepenghuluan Bagan Punak Pesisir, Bagansiapiapi, Minggu (29/1/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Para Staf Ahli, Asisten lll Ali Asfar MSi, dan dihadiri beberapa Kepala OPD diantaranya Kepala Dinas Kominfotiks Rohil Indra Gunawan SE, Kepala Dinas Bksdm Acil Rudianto, Dinas koperasi Hazlina SH, Sekretaris dinas perhubungan Susilo, Ketua Tim PKK Rohil Salimar Afrizal, Camat Bangko Aspri Mulya Beserta Upika Kecamatan Bangko, Baznaz Baharuddin, Penghulu Bagan Punak Pesisir Toyib, Tokoh Masyarakat Rohil H. Azhar Syakban, Ketua Umum GMRB Naladiya Ayu Rokan, Ketua RMB LHMR. Dan Kecamatan Bangko.

Kepala dinas Perkim Budi Mulia dalam laporannya menjelaskan bahwa pada Tahun Anggaran 2022 Dinas Perkim melalui sumber dana DAK melaksanakan beberapa kegiatan dan program yang menjadi Tupoksi Dinas Perkim diantaranya adalah:

1. Program pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah pembangunan Tangki Septik skala individual pedesaan dengan target sasaran minimal 50 KK, yang terletak di:

Desa Sintong makmur Kecamatan Tanah Putih, Desa Menggala Teladan Kecamatan Tanah Putih, Desa Teluk Nayang Kecamatan Pujud, Desa Sungai Meranti Darusallam Kecamatan Tanjung Medan, Desa Sri Kayangan Kecamatan Tanjung Medan, Desa Karya Mukti Kecamatan Rimba Melintang, Desa Bangko Makmur Kecamatan Bangko Pusako.

2. Program pengelolaan dan pengembangan sistem penyediaan air minum (pembangunan baru SPAM bukan jaringan perpipaan dikawasan perdesaan (pembangunan sumur dalam terlindungi/penampungan air hujan (PAH) penangkap mata air (PMA) dengan besaran dana 300 juta yang terletak di:

Desa bukit damar Kecamatan Simpang kanan, Desa Sungai segajah makmur kecamatan kubu, Desa Suak tumenggung Kecamatan Pekaitan,
Desa Suak Hitam Kecamatan Pekaitan,
Desa Karya Mulyo sari Kecamatan Pekaitan, Desa Rokan Baru Kecamatan Pekaitan.

3. Program PAMSIMAS(Penyediaan air minum berbasis Masyarakat).
 
Desa Manggala Sakti Kecamatan tanah putih (80 SR), Desa Balam Jaya Kecamatan Balai jaya (71 SR), Desa Bagan Sinembah Utara Kecamatan bagan Sinembah Raya (80 SR),
Desa Bagan Nibung Kecamatan Simpang Kanan (80 SR), Desa Simpang Kanan Kecamatan Simpang Kanan (80 SR).

Sementara itu Desa Pamsimas (APBD) diantaranya adalah, Desa Sintung Bakti Kecamatan Tanah putih (20 SR),
Desa Sungai Sialang Hulu Kecmatan Batu Hampar (20 SR), Desa Bagan Sinembah Timur Kecamatan Basira (26 SR), Desa Bagan Punak Meranti Kecamatan Bangko (40 SR).

Program pengelolaan dan pengembangan sistem penyediaan air minum (perluasan SPAM Jaringan perpipaan di kawasan perdesaan kegiatan pengembangan jaringan distribusi dan Sambungan rumah (SR) dana perdesa 500 juta yakni:

Desa Ulak kemahang kecamatan Pujud, Desa Panipahan darat kecamatan pasir limau kapas, Desa labuhan tangga kecil kecamatan Bangko, Desa labuhan tangga hilir kecamatan Bangko, Desa labuhan tangga besar kecamatan Bangko, Desa Bagan Punak kecamatan Bangko, Kelurahan/desa Bagan Timur kecamatan Bangko, kelurahan/Desa Bagan Hulu Kecamatan Bangko, Kelurahan/Desa Bagan Barat kecamatan Bangko, Desa Bagan Jawa kecamatan Bangko, Desa Bantayan baru kecamatan batu hampar, desa raja bejamu kecamatan Bangko.

Dan yang terakhir desa Bagan Punak Pesisir Kecamatan Bangko dengan nilai kontrak : 500 Juta, dengan jumlah KK yang dilayani 64 KK, jumlah (SR:64) jumlah jiwa terlayani: 276 jiwa. Yang telah dibangun oleh KSM Rezeki bersama yang terletak di Kepenghuluan Bagan Punak Pesisir ini dan juga sekaligus penyerahan SK KPP ( Kelompok Penerima Manfaat).

" Kami berpesan kepada pengurus KPP yang sebentar lagi diserahkan SK nya, agar dapat menjaga, memelihara dan mengelola dengan baik, karena program yang kami laksanakan ini adalah program hibah jaga baik-baik, kelola dengan benar, adakan rapat Dengan penerima manfaat, karena disini ada biaya operasionalnya, seperti: Biaya pembelian Token listrik, biaya pembelian/pergantian pipa yang rusak serta biaya pembeliharaan mesin dan lain nya," Jelas Budi Mulia.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dalam sambutannya mengatakan, bahwa sumur bor yang dibangun di Kepenghuluan Bagan Punak Pesisir adalah anggaran tahun 2022, dan ada sekitar 22 Sumur bor yang dilaksanakan pembangunannya.  

" Dengan adanya sumur bor ini,
 diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang ada kepenghuluan Bagan Punak Pesisir ini, dan ini adalah Anggara Tahun 2022, ada sekitar 22 Sumur bor yang dilaksanakan di tahun 2022 lalu, Salah satunya bertempat di Kepenghuluan Bagan Punak Pesisir, jadi banyak lagi ditempat tempat lain, dan untuk Tahun 2023 ini ada 28 Sumur bor yang akan tersebar di kabupaten Rokan Hilir nanti," Ujarnya.