Galeri Foto

Buka Pesta Ragam Budaya Nusantara, Wardan: Kebudayaan Tautkan Simpul Kebhinekaan

INHIL, RIAULINK.COM - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir(Inhil) HM Wardan resmi membuka Pesta Ragam Budaya Nusantara dan Bazar dalam rangka peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022 yang di taja oleh Kodim 0315/Inhil, rabu(5/10/2022) malam.

Pesta Ragam Budaya Nusantara dan Bazar tersebut di ikuti oleh seluruh paguyuban nusantara yang ada di Inhil dan dilaksanakan hingga 15 Oktober 2022 mendatang.

Bupati Inhil pada sambutannya mengatakan pelaksanaan Peringatan HUT ke-77 TNI pada tahun ini dilaksanakan penuh khidmat dan meriah dengan mengadakan serangkaian kegiatan yang melibatkan komponen masyarakat dan seluruh paguyuban se-kabupaten Inhil.

Hal tersebut merupakan bentuk sinergi yang positif dari dinamika dan perkembangan kehidupan sosial budaya masyarakat Inhil yang multi etnik dalam tatanan kehidupan berbudaya, beradat dan bermartabat sebagai keluarga besar masyarakat negeri Seribu Parit.

"Pesta Ragam Budaya Nusantara dan Bazar yang di taja oleh Kodim 0314/Inhil malam ini menunjukan bahwa aktivitas kebudayaan mampu mempertautkan simpul-simpul kebhinekaan menjadi kekuatan yang harmonis serta memberikan rasa damai, tentram dan nyaman sekaligus dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," ujar HM Wardan. 

Kegiatan Pesta Ragam Budaya Nusantara Dikatakan Bupati, juga menumbuhkan sikap saling mengenal, saling memahami dan menghargai nilai-nilai budaya serta kearifan lokal sehingga keberadaan dan peran kebudayaan semakin tinggi dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Inhil.

"Saya berharap kepada seluruh peserta untuk saling bekerjasama sehingga perhelatan ini dapat berjalan sesuai dengan harapan, " harapnya.

Di akhir sambutannya orang nomor satu di inhil itu mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0314/Inhil serta seluruh pengurus paguyuban serta masyarakat yang telah memberikan merespon positif dan antusias untuk menampilkan budaya-budaya yang ada di Inhil sebagai ajang silaturahmi antar paguyuban dalam kebhinekaan.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpatisipasi melaksanakan kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat mempererat suku yang ada di Inhil,"pungkasnya.

Turut hadir pada pembukaan Pesta Ragam Budaya dan Bazar tersebut, Bupati Inhil HM Wardan, Dandim 0314/Inhil, Letkol Arh M.Nahruddin Roshid S.E., M.Tr(Han), Kapolres Inhil, AKBP Norhayat SIK,Kajari Inhil Triningsih,SH,wakil ketua DPRD Inhil, Edi Gunawan, Ketua PA Tembilahan, Amiramza, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LIV Ny. Fani Nahruddin Roshid beserta pengurus,ketua TP-PKK Inhil, Hj. Zulaikhah Wardan, para Instansi dan OPD dilingkungan Pemkab Inhil,ketua paguyuban se-kabupaten Inhil serta para tamu undangan.